Ramaikan 'Veganuary', Gordon Ramsay Bikin Steak Kembang Kol

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 19 Jan 2022 13:00 WIB
Gordon Ramay Bikin Steak Kembang Kol Foto: Instagram/gordongram
Jakarta -

Bulan Januari dikenal sebagai bulannya para pelaku vegan. Ikut ramaikan pekan vegan, Gordon Ramsay ciptakan steak khusus vegan.

Pelaku diet vegan tidak diperbolehkan mengonsumsi daging hewan maupun makanan yang mengandung bahan hewani. Hal ini membuat para pelaku vegan harus cerdik mencari bahan pengganti olahan daging yang ingin mereka nikmati.

Misalnya burger, steak, sosis hingga chicken wings yang harus diganti bahannya dengan bahan-bahan nabati. Hal ini membuat banyak sekali kreasi makanan yang normalnya terbuat dari olahan hewani, kini disulap menggunakan bahan nabati.

Setiap bulan Januari, secara internasional ada tantangan yang dikenal dengan nama 'Veganuary' atau pekan khusus para pelaku vegan. Kegiatan ini merupakan aksi penggalangan dana dimana semakin banyak orang yang menjalankan diet vegan selama pekan tersebut, maka dana yang dikumpulkan akan semakin banyak.

Baca juga: Nikmat dan Sehat! 'Chicken Wings' Plant-Based dan Es Kopi Susu Vegan Buatan Eath

Gordon Ramay Bikin Steak Kembang Kol Meramaikan Veganuatry, Gordon Ramsay bagikan kreasi steak kembang kol ala dirinya. Foto: Instagram/gordongram

Salah satu chef terkenal yang ikut meramaikan tantangan ini adalah Gordon Ramsay. Melalui akun Instagramnya @gordongram (16/1), ia membagikan resep khusus untuk pelaku vegan maupun orang-orang yang ingin bergabung dalam Veganuary.

Dalam video berdurasi 32 detik tersebut, Ramsay membagikan cara membuat steak menggunakan kembang kol. Dirinya juga mengungkapkan bahwa pekan ini ia akan menjalani diet vegetarian untuk meramaikan Veganuary.

"Aku akan menjadi vegetarian pekan ini! Kali ini dengan menu steak kembang kol yang memasaknya tidak lebih lama dari 10 menit!" tulis Ramsay pada kolom keterangan unggahannya.

Sebelumnya, Gordon Ramsay juga pernah memberikan tips-tips bagi orang-orang yang ingin melakukan diet vegan atau vegetarian selama Veganuary atau seterusnya. Ramsay memberikan berbagai hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin membuat hidangan steak yang ramah untuk pelaku vegan dan vegetarian.

Baca juga: Hadirkan Pelayan Atletis Telanjang Dada, Restoran Seafood Ini Didatangi Polisi

Gordon Ramay Bikin Steak Kembang KolHanya butuh waktu 10 menit untuk mematangkannya. Jika ingin variasi lain, kamu juga bisa mengganti kembang kol dengan terong. Foto: Instagram/gordongram

Bukan hanya kembang kol, Ramsay juga menyarankan untuk menggunakan berbagai sayuran yang memang disukai. Salah satu jenis sayuran lain yang direkomendasikan adalah terong. Ramsay juga memberikan tips untuk membuat bumbu olesan agar steak vegan ini rasanya mirip dengan steak aslinya.

Ada campuran biji jintan sangrai, biji mustard, merica hingga adas. Setelah sayuran yang ingin diolah menjadi steak telah dikupas bersih, bisa langsung ditaburkan dengan rempah-rempah yang sudah disangrai dan dihaluskan. Untuk terong butuh selama 45 menit pertama, kemudian balik, dan masak kembali masak selama 30 menit. Sedangkan untuk kembang kol Ramsay mengatakan hanya butuh 10 menit untuk memasaknya.

Layaknya masak steak sungguhan, Gordon Ramsay juga menyarankan untuk menyiapkan saus pelengkap misalnya seperti saus jamur ataupun saus lain yang disukai. Ramsay juga mengatakan bahwa menu ini sangat cocok untuk dibuat bagi para pemula vegan dan vegetarian termasuk mereka yang ingin mencobanya selama Veganuary.

"Jujur, menu ini benar-benar sangat sederhana. Ini akan menghasilkan steak kembang kol yang sempurna. Memasaknya pun hanya butuh waktu tidak lebih dari 10 menit saja. Ini akan sangat mudah jika ingin mencoba sebagai vegetarian dan malam ini aku akan menjadi vegetarian," kata Ramsay.

Baca juga: Jadi Vegan, Jaden Smith Terlihat Kurus Seperti Tengkorak Hidup



Simak Video "Geliat Ilmuwan Temukan Rasa 'Daging' Vegan yang Pas di Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com