dr Zaidul Akbar Sebut Penderita Diabetes Tetap Boleh Makan Kurma

Devi Setya - detikFood Minggu, 16 Jan 2022 05:00 WIB
Masya Allah! dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Kurma untuk Pencernaan Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Penderita diabetes harus menghindari makanan manis agar gula darah tetap terkontrol dan tidak melonjak. Namun dr Zaidul Akbar mengatakan pasien diabetes tetap boleh makan kurma.

Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi para penderita diabetes. Terutama makanan manis tinggi gula seperti nasi dan gula pasir. Namun ternyata para penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi buah yang rasanya manis, salah satunya kurma.

Kurma secara alami memiliki rasa manis, namun aman dikonsumsi para penderita diabetes. Hal ini dikatakan dr Zaidul Akbar yang juga dikenal sebagai praktisi kesehatan sunah ala Rasulullah SAW. Dalam YouTube channelnya dr Zaidul Akbar Official, dijelaskan bahwa penderita diabetes tetap boleh makan kurma asalkan dalam jumlah terbatas.

dr Zaidul Akbar Sebut Penderita Diabetes Tetap Boleh Makan Kurmadr Zaidul Akbar Foto: YouTube channel Dr Zaidul Akbar

"Ya memang kita tahu pada prinsipnya kalau sudah tinggi gula jangan berlebihan. Kalau ditanya apakah orang diabetes boleh makan kurma jawabannya boleh. Asal dibatasi. Kita mau ambil berkahnya saja," kata dr Zaidul Akbar.

Lebih lanjut pria yang dikenal lewat ramuan cinta ala Rasulullah ini menjelaskan makan kurma pada penderita diabetes harus dibatasi. "Boleh saja, apalagi kurma-kurma yang disebutkan oleh nabi, kurma ajwa misalnya. Kalau makan kurma gula darah naik, ya jangan makan 3. Makannya satu aja untuk dapat berkahnya aja," lanjut dr Zaidul Akbar.

Jadi sebenarnya boleh saja penderita diabetes mengonsumsi kurma yang rasanya manis, namun tetap kontrol jumlahnya.

"Kalau kita bicara senyawa kompleks pada makanan sebenarnya tidak menyebabkan efek buruk sedemikian rupa sebagaimana misalkan pada single komponen kayak gula pasir. Nggak ada ceritanya misalnya madu yang murni menyebabkan diabetes," beber dr Zaidul Akbar.

KurmaBuah Kurma Foto: Getty Images/iStockphoto/barmalini


Di akhir penjelasannya, dr Zaidul Akbar kembali menegaskan bahwa kurma aman dikonsumsi penderita diabetes asalnya jumlahnya dikontrol. Namun bagi yang ragu, sebaiknya tidak makan kurma sama sekali.

"Kalau mau tetep makan ya makan satu saja untuk dapat berkahnya. Kalau ragu ya lebih baik jangan. Makan paitan aja misalnya kayu manis, pare, untuk menjaga gula darah," pungkas dr Zaidul Akbar.



Simak Video "KuTips: Resep Es Susu Kurma Tanpa Blender untuk Takjil! "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com