dr. Zaidul Akbar Ungkap 4 Jenis Minuman Herbal yang Bagus Dikonsumsi Pagi Hari

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 29 Des 2021 06:00 WIB
Resep Air Nabeez, Minuman Sehat dari Kurma Favorit Nabi Muhammad Foto: Getty Images/iStockphoto/sri widyowati
Jakarta -

Di pagi hari penting menutrisi tubuh dengan makanan dan minuman yang tepat. dr. Zaidul Akbar mengungkap 4 jenis minuman herbal yang bagus dikonsumsi pagi hari. Ini dia daftarnya.

Minum air setelah bangun tidur dianjurkan para pakar kesehatan untuk menghidrasi tubuh sebab selama tidur, tubuh tidak mendapat asupan cairan apapun. Selain air putih, ternyata ada beberapa minuman herbal yang bagus dikonsumsi pagi hari.

Hal ini disampaikan dr. Zaidul Akbar melalui ceramahnya. Ia menyebut minum kombinasi air dengan herba seperti jeruk nipis, jahe, hingga serai, bisa memberikan manfaat sehat untuk tubuh.

Ini dia 4 jenis minuman herba yang disarankan dr. Zaidul Akbar untuk dikonsumsi pagi hari:

1. Air hangat plus jeruk nipis

Natural fresh ripe lime or in indonesia called jeruk nipisAir jeruk nipis bagus dikonsumsi di pagi hari Foto: Istock

Dokter yang terkenal dengan metode Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini menjelaskan minum air hangat plus jeruk nipis bagus untuk tubuh. Ia bahkan menyarankan untuk mencampurnya dengan kunyit dan sedikit lada hitam.

"Itu sudah bikin kenyang sampai siang. Anda sudah tidak akan tertarik lagi dengan tukang bubur ayam lewat," katanya. Kalau tidak ada jeruk nipis, ia menyarankan minum air hangat dengan campuran sedikit garam. Ia menjelaskan garam mengandung 'trace element' (mineral) yang bisa membuat suasana hati (mood) membaik di pagi hari.

2. Air kurma

Untuk yang mengalami masalah pencernaan, dr. Zaidul Akbar merekomendasikan minum air kurma di pagi hari. Hal ini juga mencontoh kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang selalu menyediakan kurma di rumahnya.

"Sains menjelaskan bahwa orang-orang yang memiliki masalah pencernaan, salah satu masalah tersebut adalah bagian jongjot-jongjot ususnya itu meregang. Peregangan ini menyebabkan bagian dari usus masuk ke dalam darah. Di situ akan muncul bibit-bibit penyakit seperti autoimun, kanker, bahkan penyakit degeneratif," ujarnya.

Untuk mengatasi peregangan usus itu ternyata bisa dengan makan atau minum kurma. Kurma mengandung pati resisten dan asam amino yang bagus untuk pencernaan. dr. Zaidul Akbar mengatakan, "Nabi sudah contohkan dengan air rendaman kurma itu, air nabeez. Air ini air asam amino sebenarnya. Kurma mengandung asam amino dan enzimnya badan kita, bahan bakunya adalah asam amino."

Baca Juga: Resep Air Nabeez, Minuman Sehat dari Kurma Favorit Nabi Muhammad

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com