5 Pola Makan Ini Perlu Dihindari Agar Tak Alami Nyeri Sendi

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 13 Jan 2022 05:00 WIB
Woman holding wirst. Foto: iStock

3. Rutin Konsumsi Makanan Berlemak

Saat ini makanan berlemak tidak lagi dinilai sebagai musuh terbesar bagi kesehatan seperti di masa lampau. Tetapi hal tersebut bukan berarti bahwa lemak boleh dikonsumsi sepuasnya tanpa batasan.

Ada beberapa jenis lemak jahat yang harus dihindari karena dapat memicu inflamasi di dalam tubuh dan salah satu dampaknya adalah nyeri sendi. Jenis lemak yang harus dihindari adalah lemak trans dan lemak jenuh yang biasanya terkandung di dalam produk olahan susu dan daging merah.

4. Minum Soda Setelah Makan

Dua kaleng sodaKandungan gula yang tinggi pada soda dapat memicu inflamasi tubuh. Terutama jika dikonsumsi setelah dapat dapat berdampak pada timbulnya nyeri sendi. Foto: Thinkstock

Bukan hanya kandungan gulanya yang perlu diwaspadai, minum minuman soda setelah makan juga dapat memicu penyakit berbahaya lainnya. Selain memicu obesitas, ada ancaman rheumatoid arthritis atau gangguan radang sendi dari kebiasaan konsumsi soda.

Dua penelitian besar berhasil menemukan efek yang disebabkan oleh minuman bersoda dengan gangguan sendi seperti asam urat dan nyeri sendi. Lebih dari 186.900 perempuan penyuka soda diketahui mengalami keluhan nyeri sendi.

5. Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol

Menurut peneliti, konsumsi alkohol sangat memengaruhi keseimbangan bakteri baik dan buruk yang ada di dalam usus dan berfungsi sebagai pembantu dalam proses pencernaan. Selain itu, konsumsi alkohol yang terlalu berlebihan juga dikaitkan dengan efek produksi toksin yang dapat memicu inflamasi.

Minum alkohol yang berlebihan juga dikaitkan mampu mengganggu fungsi usus untuk menyerap ekstrak nutrisi dari asupan makanan. Bukan hanya nyeri sendi biasa, inflamasi yang terlalu tinggi yang ditimbulkan oleh konsumsi alkohol bisa merujuk pada gout atau nyeri sendi yang parah.

Baca juga: 5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Perhatikan Protokol Kesehatan Berikut Bila Makan di Restoran"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com