5 Makanan dan Minuman Penambah Stamina Setelah Suntik Vaksin Booster

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 12 Jan 2022 12:36 WIB
Makanan dan Minuman Penambah Stamina Setelah Suntik Vaksin Booster Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Agar stamina dan energi tetap terjaga setelah vaksinasi booster Covid-19, dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Seperti pisang, telur dan teh hijau.

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Kini muncul varian baru bernama Omicron yang proses penyebarannya sangat cepat. Virus Omicron telah masuk ke Indonesia dan beberapa kasusnya menjadi sorotan.

Oleh karenanya, Pemerintah Indonesia mengadakan vaksinasi booster untuk mengatasi sebaran virus Omicron. Vaksinasi booster mulai berlangsung hari ini (12/1) dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan.

Vaksinasi booster juga memiliki efek samping tergantung jenis vaksin yang digunakan. Efek sampingnya bersifat ringan-sedang, seperti nyeri otot, pusing, hingga kelelahan. Agar tubuh tetap bugar dan berstamina setelah vaksin booster, pasien dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Dilansir dari Health Shots dan Health Care Business Club, ada beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan stamina dan energi. Seperti mengonsumsi telur, yoghurt, pisang, dan lainnya.

Baca Juga: Dituding Getok Harga Ayam Bakar Rp 1 Juta, Pemilik Warung Klarifikasi

Berikut 5 makanan dan minuman yang dapat meningkatkan stamina dan energi.

1. Yoghurt

Makanan dan Minuman Penambah Stamina Setelah Suntik Vaksin BoosterYoguhurt, makanan yang dapat meningkatkan stamina tubuh setelah suntik vaksin booster. Foto: Getty Images/iStockphoto/

Yoghurt terbuat dari susu yang melalui proses fermentasi bakteri. Susu yang rasanya asam menyegarkan ini diketahui mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bisa juga dikonsumsi untuk menjaga stamina dan energi tubuh yang kelelahan akibat efek samping dari vaksin booster.

Kalau ingin kandungan nutrisinya lebih banyak kamu bisa menambahkan potongan buah segar, seperti stroberi, kiwi, dan lainnya. Biji-bijian seperti biji bunga matahari atau biji labu bisa ditambahkan untuk asupan serat.

2. Pisang

Pisang dikenal sebagai buah yang menyehatkan. Buah berwarna kuning ini mengandung zat antioksidan, serat, potasium, karbohidrat, dan gula alami.

Buah pisang sangat baik dikonsumsi setelah menerima suntikan vaksin booster karena kandungannya yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan smoothies bersama buah segar lainnya.

Baca Juga: Makan Mie Instan Tiap Hari, Begini 5 Efeknya Buat Tubuh

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com