ADVERTISEMENT

Lebih Sehat Kopi Panas atau Es Kopi? Ini Penjelasannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 12 Jan 2022 07:00 WIB
Lebih Sehat Kopi Panas atau Es Kopi? Ini Penjelasannya
Foto: Getty Images/Xesai

Tergantung cara menyiapkannya

Lebih Sehat Kopi Panas atau Es Kopi? Ini PenjelasannyaKandungan kalori es kopi bakal berlebih jika ditambahkan banyak sirup dan gula Foto: Getty Images/Xesai

Ada banyak cara membuat kreasi minuman kopi, baik panas maupun dingin. Saat membuat kopi panas yang diseduh dengan filter kertas, kabarnya kopi panas bakal lebih sehat.

Filter kertas tersebut bersifat menghambat kolesterol jahat yang ada di dalam kopi. Metode seduh kopi dengan filter kertas ada pada teknik V-60 dan Pour Over Coffee yang digemari banyak pencinta kopi panas.

Lalu pada es kopi, nutrisinya juga tergantung cara menyiapkannya. Jika kamu minum es kopi hitam saja, tentu manfaat sehatnya bakal maksimal.

Segelas es kopi cold brew disebut pakar bisa mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan nutrisinya. Mulai dari kafein, senyawa fenolik, sampai magnesium. Minum es kopi cold brew juga bisa menstabilkan kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah.

Sebaliknya, jika es kopi yang kamu pilih adalah yang ditambahkan banyak sirup dan gula, maka es kopi jadi tergolong minuman tidak sehat. Menurut penelitian Public Health, bahan tambahan pada es kopi ini bisa menambah asupan 69 kalori per hari!

Sama-sama bisa redakan stress

Minum kopi panas maupun es kopi sama-sama bisa meredakan stres. Hal ini lantaran aroma kopi yang muncul saat proses penyeduhan hingga ketika minuman kopi disajikan.

Sebuah penelitian tahun 2018 mengungkap aroma kopi bisa meningkatkan aktivitas gen tertentu di dalam otak. Dengan mencium aroma menenangkan seperti kopi, otak kabarnya akan memproduksi hormon endorfin yang memicu rasa bahagia.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT