Selain Telur, Ini 5 Makanan Tinggi Protein yang Baik Dikonsumsi Rutin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 09 Jan 2022 05:00 WIB
Grilled chicken fillets on slate plate. Gray concrete background
Foto: Getty Images/iStockphoto/vkuslandia
Jakarta -

Selain telur, makanan tinggi protein ini bagus dikonsumsi secara rutin. Sumbernya juga bisa dari protein nabati yang tak kalah enak dan bernutrisi.

Harga telur sempat melambung dua minggu lalu. Di beberapa daerah, harganya bahkan tembus Rp 32 ribu hingga Rp 38 ribu per kilogram (kg).

Telur sendiri menjadi sumber protein andalan banyak orang. Rasanya yang enak dan sifatnya yang padat nutrisi membuat telur jadi favorit.

Padahal selain telur, ada banyak makanan tinggi protein lain yang bisa jadi asupan andalan. Makanan ini bisa bantu penuhi rekomendasi asupan protein harian seseorang yang berkisar 50 gram.

Inilah 5 makanan tinggi protein selain telur menurut My Food Data:

1. Dada ayam

Dada ayam kerap dikonsumsi pelaku hidup sehat. Dalam 100 gram dada ayam bisa mengandung 32,1 gram protein.

Pastikan mengolah dada ayam dengan cara sehat seperti kukus atau panggang. Imbangi dengan asupan sayuran untuk mendapat serat.

2. Tuna

Perusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacanganFoto: Good Catch

Rasanya enak dan proteinnya tinggi, inilah ikan tuna yang bagus dikonsumsi rutin. Dalam tiap 100 gram ikan tuna mengandung 29,9 gram protein.

Ikan tuna juga mengandung asam lemak omega 3 dalam bentuk EPA dan DHA yang membuat konsumsinya bagus untuk kesehatan jantung. Selain ikan tuna segar, manfaat ini juga bisa kamu dapat dari konsumsi ikan tuna kalengan. Pastikan memilih produk yang tidak mengandung banyak garam dan bahan tambahan lainnya.

3. Daging sapi

Bagi yang punya uang lebih bisa mengonsumsi daging sapi sebagai sumber asupan protein. Daging sapi mengandung sekitar 28,7 gram protein per 100 gramnya.

Konsumsi daging sapi juga dianjurkan untuk mereka yang hobi olahraga sebab bisa menjaga massa otot dan meningkatkan stamina. Daging sapi juga bagus untuk mencegah anemia.

4. Tahu

Resep Mapo TofuFoto: iStock

Tak melulu dari makanan hewani, protein juga bisa didapat dari sumber nabati. Salah satunya tahu yang padat kedelai. Tiap 100 gram tahu mengandung 17,3 gram protein.

Tahu juga bersifat serbaguna karena bisa diolah menjadi beragam sajian. Mulai dari mun tahu hingga tumis tahu dengan sayuran yang renyah segar.

5. Kacang lentil

Satu lagi makanan tinggi protein yang tergolong protein nabati. Kacang lentil mengandung 9 gram protein per 100 gramnya.

Kacang lentil juga mengandung polifenol tinggi yang berguna untuk mencegah berbagai penyakit. Kandungan serat dalam kacang lentil juga membuat konsumsinya bagus untuk memperlancar buang air besar.



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)