ADVERTISEMENT

4 Tips Sarapan Terbaik untuk Kendalikan Kolesterol Tinggi

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 05 Jan 2022 07:00 WIB
Manfaat sarapan
Foto: thinkstock
Jakarta -

Sarapan selalu dinilai menjadi waktu makan terbaik. Beberapa ahli gizi dan ahli kesehatan juga menyarankan kebiasaan sarapan sehat untuk kendalikan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Kadar kolesterol jahat begitu mengancam kesehatan. Jika tak segera diatasi banyak penyakit kronis yang akan ditimbulkan di kemudian hari akibat kolesterol yang tidak berhasil dikendalikan.

Menjaga kebiasaan makan sehat, terutama dengan tidak menumpuk banyak kalori di dalam tubuh dianggap menjadi cara terbaik untuk kendalikan kolesterol. Sebagaimana diketahui kebiasaan makan yang tak sehat menjadi yang paling cepat memicu lonjakan kolesterol di dalam tubuh.

Bukan hanya bagi penderita kolesterol tinggi saja, kebiasaan sarapan sehat ini juga sebaiknya dijalani untuk mencegah lonjakan kolesterol sehingga kadarnya tetap sehat di dalam tubuh. Selaku penulis di GoWellness, Courtney D'Angelo, MS, RD, merekomendasikan kebiasaan sehat saat sarapan yang harus dijalani agar kolesterol tetap terkendali.

Baca juga: 6 Makanan Terbaik Setelah Olahraga Agar Pembakaran Kalori Lebih Efektif

Berikut ini 4 kebiasaan sarapan untuk kendalikan kolesterol menurut Eat This, Not That (2/1):

Grilled chicken fillets on slate plate. Gray concrete backgroundFoto: Getty Images/iStockphoto/vkuslandia

1. Konsumsi Lemak Sehat

Menurut D'Angelo, jenis lemak yang tepat yang dikonsumsi di pagi hari sangat berdampak bagi kadar kolesterol di dalam tubuh. Lemak yang sehat mampu mengendalikan kolesterol buruk selama seharian penuh ketika disantap saat sarapan.

"Mencoba membatasi asupan lemak jenuh yang biasanya ditemukan pada produk susu, kue panggang hingga makanan olahan karena konsumsinya yang terlalu banyak dapat meningkatkan low-density lipoprotein atau yang dikenal dengan kolesterol buruk," kata D'Angelo.

D'Angelo menekan bahwa mengganti makanan tinggi lemak jenuh dengan lemak yang lebih sehat memang sangat penting. Salah satu cara yang diberikannya adalah mulai mengonsumsi kacang-kacangan, daging tanpa lemak, hingga minyak yang tak mengandung lemak jenuh.

Baca juga: Salt Bae Kegirangan Setelah Restonya Disambangi Thibaut Courtois



Simak Video "KuTips: Penting! 4 Cara Tepat Mengolah Daging Saat Darurat PMK"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT