Agar Diet Berhasil, Perhatikan Jam Makan yang Tepat

Devi Setya - detikFood Sabtu, 08 Jan 2022 08:00 WIB
Agar Diet Berhasil, Perhatikan Jam Makan yang Tepat Foto: Getty Images/iStockphoto/spaxiax
Jakarta -

Bukan hanya soal pilihan menu dan porsi makan saja yang harus diperhatikan ketika sedang menjalani program diet. Jam makan juga memberi pengaruh besar pada suksesnya diet.

Jangan sampai menyesal karena merasa sudah berjuang mengatur pola makan demi berat badan ideal, namun bobot tak kunjung turun. Salah satu penyebabnya adalah aturan jam makan yang tidak diperhatikan.

Program diet memang meliputi banyak hal, termasuk aturan jam makan. Jika tidak teratur dalam mengasup makanan, bisa jadi metabolisme dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Efeknya yakni diet menjadi gagal.

Dilansir dari Good To Know (5/1) para ahli gizi menemukan bukti bahwa jam makan ikut menentukan keberhasilan diet. Artinya sangat penting mengatur jam makan saat sarapan, makan siang, makan malam bahkan waktu ngemil sekalipun.

Berikut panduan jam makan yang bisa diikuti jika kamu sedang menjalani program diet:

1. Sarapan

Waktu ideal untuk menikmati sarapan adalah mulai pukul 6 - 9.45 pagi. Tidak dianjurkan untuk sarapan di luar waktu tersebut jika kamu sedang menjalani program diet.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2015 dan diterbitkan dalam jurnal Obesity menguak bahwa sarapan antara pukul 6 - 9.45 pagi ampuh mencegah penumpukan lemak. Namun perlu diperhatikan juga jenis dan porsi sarapannya. Menu terbaik adalah makanan tinggi protein.

Jim White, seorang ahli gizi di Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat menjelaskan makan saat satu jam setelah bangun tidur adalah waktu terbaik untuk orang yang diet.

Agar Diet Berhasil, Perhatikan Jam Makan yang TepatAgar Diet Berhasil, Perhatikan Jam Makan yang Tepat Foto: Getty Images/iStockphoto/spaxiax
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com