Penelitian Ungkap 1 Sendok Teh Rempah Ampuh Turunkan Resiko Stroke

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 08 Jan 2022 06:00 WIB
Penelitian Ungkap 1 Sendok Teh Rempah Ampuh Turunkan Resiko Stroke
Foto: Getty Images/iStockphoto/Vadzim Kushniarou
Jakarta -

Masakan yang diolah dengan bumbu dan rempah bukan hanya lebih enak, tapi juga lebih sehat. Hasil penelitian mengungkap 1 sendok teh rempah yang ditambah dalam masakan mampu mengurangi risiko stroke dan sakit jantung.

Beberapa bumbu dan rempah memiliki kandungan nutrisi alami yang mampu menjaga kesehatan. Sebut saja misalnya kunyit dan jahe yang kaya antioksidan dan bersifat antibakteri. Dua jenis rempah ini saja mampu meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara tepat.

Dilansir dari Mirror (7/1) sebuah penelitian baru mengungkap beberapa jenis bumbu dan rempah-rempah bisa menjadi 'obat' herbal untuk menurunkan berbagai risiko penyakit. Termasuk penyakit kardiovaskular yang berbahaya sekalipun seperti stroke dan penyakit jantung.

Penelitian Ungkap 1 Sendok Teh Rempah Ampuh Turunkan Resiko StrokePenelitian Ungkap 1 Sendok Teh Rempah Ampuh Turunkan Resiko Stroke Foto: Getty Images/iStockphoto/Vadzim Kushniarou

Menurut ahli gizi, menambahkan lebih dari satu sendok teh atau sekitar 6,5 gram bumbu dan rempah-rempah ke dalam makanan berpotensi menurunkan tekanan darah. Dari data yang ada lebih dari seperempat orang dewasa di Inggris, atau sekitar 14,4 juta, memiliki masalah tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi atau dalam istilah medis dikenal dengan sebutan hipertensi sering dijuluki sebagai 'silent killer'. Hipertensi dapat menyebabkan pembuluh darah menebal sehingga menghambat pasokan darah ke jantung atau otak.

Satu cara sederhana untuk menurunkan risiko kematian karena hipertensi adalah dengan mengonsumsi makanan yang ditambah bumbu serta rempah tertentu.

Profesor Penny Kris-Etherton, dari Penn State University, mengatakan kepada WalesOnline: "Menambahkan bumbu dan rempah-rempah ke makanan Anda adalah cara yang bagus untuk menambah rasa tanpa menambahkan garam, gula, atau lemak jenuh ekstra."

Sebuah studi yang dilakukan oleh Penn State University menemukan bahwa orang yang diberi dosis tinggi herbal dan rempah-rempah dalam makanan mereka memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Hal ini secara otomatis mengurangi risiko hipertensi yang menjadi penyebab awal stroke dan penyakit jantung.


Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti melibatkan 71 peserta dengan risiko penyakit jantung. Para peserta kemudian ditentukan pada tiga diet berbeda yakni diet makanan dengan kandungan rempah rendah, sedang dan tinggi.

Ada 24 jenis bumbu dan rempah dilibatkan dalam diet ini seperti kayu manis, kunyit, jahe, kemangi hingga thyme. Rempah ini ditambahkan dalam masakan yang disantap oleh para peserta penelitian.

Penelitian Ungkap 1 Sendok Teh Rempah Ampuh Turunkan Resiko StrokePenelitian Ungkap 1 Sendok Teh Rempah Ampuh Turunkan Resiko Stroke Foto: Getty Images/iStockphoto/Vadzim Kushniarou

Profesor Kris-Etherton berkata: "Kami tidak mengurangi garam, kami tidak menambah buah dan sayuran, kami hanya menambahkan bumbu dan rempah-rempah."

Selain menambahkan rempah dalam makanan. Tentu ada banyak hal yang juga harus diperhatikan seperti pola hidup, konsumsi makanan sehat dan meminimalisir stres.

Profesor Kris-Etherton juga menjelaskan bahwa menambahkan bumbu ini ke makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran, berpotensi membawa lebih banyak manfaat kesehatan. Namun pastikan juga untuk konsumsi makanan rendah garam.



Simak Video "Bikin Laper: Uniknya Soto Betawi Pakai Bumbu Kacang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)