Tanpa Transplantasi Rambut, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Atasi Kebotakan

Riska Fitria - detikFood Jumat, 07 Jan 2022 15:00 WIB
Tanpa Transplantasi Rambut, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Atasi Kebotakan Foto: iStock
Jakarta -

Transplantasi rambut tengah viral. Tanpa transplantasi, kebotakan rambut bisa bisa diatasi secara alami menggunakan bahan-bahan makanan.

Transplantasi rambut ramai sedang digemari selebriti. Terakhir musisi Anang Hermansyah menjalani transplantasi rambut ketika berlibur ke Turki demi memiliki rambut yang lebat.

Sebab di usianya yang menginjak 52 tahun ini, rambut Anang Hermansyah mulai menipis. Transplantasi rambut adalah prosedur yang dilakukan untuk mengembalikan rambut pada area kulit kepala yang mulai menipis.

Transplantasi dilakukan dengan mengambil rambut dari area kepala atau bagian tubuh lain yang lebat, lalu menanamnya di bagian kulit kepala yang bermasalah.

Namun, mengatasi kebotakan bisa juga dilakukan secara alami. Caranya dengan memanfaatkan beberapa bahan makanan ini untuk dijadikan sebagai suplemen atau masker rambut.


Dilansir dari Healthline, berikut 5 Bahan makanan yang dapat mengatasi kebotakan rambut:


1. Minyak Kelapa

Tanpa Transplantasi Rambut, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Atasi KebotakanTanpa Transplantasi Rambut, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Atasi Kebotakan Foto: iStock

Mengatasi kebotakan bisa dengan memanfaatkan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang disebut asam laurat. Nutrisi itu dapat mengurangi kehilangan protein dari rambut.

Cara menggunakannya bisa sebelum atau sesudah mencuci rambut, tergantung dengan jenis rambut masing-masing. Jika rambut kamu cenderung berminyak, kamu bisa melakukan perawatan tanpa bilas semalaman atau beberapa jam sebelum keramas.

Cukup mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan semua rambut, lalu dipijat-pijat perlahan. Namun, jika rambut kamu kering, kamu bisa menggunakannya sebagai perawatan tanpa bilas setelah keramas.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa kelapa yang dioleskan ke kulit kepala bisa membantu memperkaya mikrobioma kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala dan folikel rambut menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 8 Makanan untuk Rambut Sehat, Tebal dan Kuat

2. Jus Bawang Bombay

Tanpa Transplantasi Rambut, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Atasi KebotakanTanpa Transplantasi Rambut, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Atasi Kebotakan Foto: iStock

Selain dapat menyehatkan masakan, bawang bombay juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kebotakan rambut. Bawang bombay ini dapat diolah menjadi jus untuk kemudian diolesi ke rambut dan kulit kepala.

Jus bawang telah terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan berhasil mengobati alopecia areata, suatu kondisi autoimun yang menyerang folikel rambut, sehingga terjadi kerontokan.

Cara menggunakannya adalah mengoleskan jus bawang ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Baru kemudian bilas dengan cara keramas.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Chinese Food Porsi Mukbang Ala Pondok Selera"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com