7 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ada Bayam dan Wortel

Devi Setya - detikFood Jumat, 07 Jan 2022 08:00 WIB
Duh! Video TikTok Ini Ajarkan Orang Untuk Potong Wortel Pakai Gigi Foto: iStock

5. Tomat

Kadar gula darah yang terlampau tinggi akibat diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung. Hal ini membuat para ahli menyarankan untuk konsumsi banyak sayuran. Tomat bisa jadi pilihan yang tepat.

Tomat mengandung likopen, senyawa antioksidan yang dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Likopen dalam tomat akan bekerja maksimal ketika tomat sudah dimasak, jadi disarankan untuk konsumsi tomat dalam keadaan sudah matang dibandingkan menyantapnya dalam keadaan mentah.

Tomat untuk skincare alami7 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ada Bayam dan Wortel Foto: Getty Images/iStockphoto/silvae

6. Mentimun


Kandungan serat pada mentimun membantu penderita diabetes merasa kenyang lebih lama. Tujuannya adalah untuk mencegah makan berlebih.

Sebuah penelitian membuktikan kalau mentimun dapat menurunkan dan menjaga kestabilan gula darah. Kandungan air dalam mentimun juga membantu tubuh terhidrasi dengan cukup. Mentimun bisa dikonsumsi langsung ataupun dijadikan olahan makanan dan minuman.

7. Jamur

Kabar baik jika kamu penderita diabetes dan penggemar olahan jamur. Jamur termasuk jenis makanan yang baik dikonsumsi rutin oleh penderita diabetes. Jamur membantu memenuhi kebutuhan vitamin B dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, para ahli melihat bahwa mengonsumsi obat-obatan diabetes, dipercaya dapat menyebabkan kekurangan vitamin B di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, cobalah konsumsi olahan jamur secara rutin agar kebutuhan vitamin B tetap terpenuhi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com