7 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ada Bayam dan Wortel

Devi Setya - detikFood Jumat, 07 Jan 2022 08:00 WIB
Duh! Video TikTok Ini Ajarkan Orang Untuk Potong Wortel Pakai Gigi Foto: iStock
Jakarta -

Para penderita diabetes tetap boleh makan sayuran, beberapa jenis sayuran bahkan membantu mengontrol gula darah. Jenis sayurannya beragam, ada wortel, bayam hingga jamur.

Penderita diabetes harus sangat selektif memilih makanan. Tidak boleh asal makan karena beberapa makanan justru membuat lonjakan gula darah yang efeknya tentu saja buruk bagi kesehatan.


Ahli gizi menyarankan para penderita diabetes tetap mengonsumsi sayuran dan buah dalam porsi cukup. Namun tidak semua jenis sayuran bisa jadi santapan rutin karena mengandung gula yang cukup tinggi.

Dilansir dari Eating Well (4/1) ada banyak jenis sayuran tinggi nutrisi dan serat yang dapat membantu mengontrol gula darah. Sebenarnya ada beberapa kriteria jenis sayuran yang aman dikonsumsi penderita diabetes, seperti memiliki indeks glikemik rendah, mengandung serat serta mengandung protein.

Berikut beberapa jenis sayuran yang aman dikonsumsi penderita diabetes:

1. Wortel

Wortel bukan hanya tinggi vitamin tapi juga mengandung serat dalam jumlah banyak. Dalam 100 gram wortel mengandung 2,8 gram serat. Serat dalam sayuran berperan untuk membuat kenyang lebih lama.

Selain itu serat dalam wortel juga membantu melancarkan sistem pencernaan. Rasa manis alami pada wortel tidak membuat lonjakan gula darah dalam tubuh. Kandungan vitamin A dalam wortel membantu menjaga kesehatan mata, kulit serta membantu meningkatkan sistem imun.

5 Sayuran dan Buah Tinggi Antioksidan, Bisa Jadi Pengganti Obat7 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ada Bayam dan Wortel Foto: Getty Images/fcafotodigital

2. Brokoli

Sayuran untuk diabetes harus memiliki indeks glikemik rendah, artinya, makanan yang dikonsumsi tidak akan meningkatkan kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh. Brokoli termasuk jenis sayuran dengan indeks glikemik rendah.

Brokoli juga mengandung serat yang tinggi dan berperan aktif menjaga sistem pencernaan. Brokoli bisa diolah menjadi berbagai olahan masakan, seperti campuran sup, tumis brokoli atau campuran pada capcay.

3. Kol

Kol adalah jenis sayuran tinggi vitamin C, yang secara tidak langsung juga berpengaruh pada kesehatan jantung. Selain itu, kol juga tinggi serat yang dapat memperlambat proses pencernaan makanan sehingga kadar gula darah dapat dijaga.

Kol punya rasa sedikit manis dan enak dijadikan berbagai olahan makanan. Di Indonesia bahkan kol kerap dijadikan salah satu lalapan yang disantap dengan cocolan sambal. Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi kol karena sayuran ini juga bisa menyebabkan kembung.

Viral di Twitter, Bayam Kini Bisa Kirim Email untuk Manusia7 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes, Ada Bayam dan Wortel Foto: Twitter/Getty Images

4. Bayam

Kadar gula darah tinggi yang sudah menahun dapat merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan. Dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung zat besi, diharapkan sirkulasi darah akan menjadi lancar.

Bayam mengandung zat besi yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Bayam juga rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi termasuk vitamin, mineral dan serat. Konsumsi bayam setiap pagi terbukti ampuh mengontrol gula darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mie Ayam Hijau dari Sari Sayuran, Rasanya Gimana?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com