Setelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap Sehat

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Jan 2022 14:00 WIB
Setelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap Sehat Foto: iStock

4. Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman yang kaya antioksidan. Teh hijau mengandung senyawa yang dikenal dengan sebutan EGCG atau epigallocatechin-3-gallate.

Senyawa itulah yang berperan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh peradangan. Teh hijau dapat menyembuhkan lengan yang sakit setelah vaksinasi COVID-19 dan semua potensi efek sampingnya.

5. Ikan Berlemak

Setelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap SehatSetelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap Sehat Foto: iStock

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dikemas dengan senyawa yang dapat menurunkan peradangan. Jenis ikan tersebut adalah salmon, sarden, herring, mackerel dan teri.

Nutrisi yang terkandung di dalam ikan berlemak itu dapat menurunkan tekanan darah dan mengatasi penyumbatan arteri. Selain itu, ikan berlemak juga bagus untuk kesehatan jantung.

6. Tomat

Tomat penuh dengan kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tomat juga mengandung potasium dan likopen yang dapat berperan sebagai penambah energi,

Tomat memiliki sifat anti-inflamasi yang baik dan mudah diserap oleh tubuh jika dikonsumsi dengan sumber lemak baik seperti minyak zaitun. Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi keduanya bersamaan.

7. Kunyit

Setelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap SehatSetelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap Sehat Foto: iStock

Kunyit adalah bumbu dapur jenis rimpang yang dikenal berwarna kuning keemasan. Warna tersebut dihasilkan karena adanya kandungan kurkumin.

Nah, kurkumin itulah yang membantu tubuh dalam memerangi peradangan. Setelah vaksin COVID-19, cukup masukkan sejumput kunyit ke makanan atau minuman apapun.

Misalnya ke dalam susu untuk mengurangi efek samping setelah vaksin COVID-19. Selain itu, kunyit dapat meningkatkan fungsi otak dari efek stres.

8. Jamur

Jamur untuk dikonsumsi ada beberapa jenis, mulai dari jamur kancing, jamur kuping, jamur enoki dan lainnya. Jenis jamur tersebut dikemas dengan selenium, tembaga dan vitamin B.

Jamur juga kaya akan fenol dan antioksidan yang menciptakan efek anti-inflamasi dalam tubuh. Mengonsumsi jamur setelah vaksin COVID-19 dapat mengurangi efek samping seperti peradangan.

Baca Juga: Setelah Suntik Vaksin Covid-19, Hindari Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Pelonggaran Kebijakan Dine In Diharapkan Dorong Program Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com