5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Vaksin Covid-19

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 02 Okt 2021 07:00 WIB
Amankah minum kopi setelah vaksinasi Covid-19? Berikut penjelasan para ahli. Foto: iStock
Jakarta -

Sebelum dan sesudah vaksin Covid-19, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang tepat. Kenali lima makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah vaksin Covid-19 berikut ini.

Makanan punya peran penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh, sebelum dan sesudah mendapat vaksin Covid-19. Mengutip Eat This, Not That (14/1/21), peneliti dari Ohio State University mengatakan penting untuk memastikan tubuh dalam kondisi emosional dan fisik terbaik sebelum mendapat vaksin Covid-19.

Mereka juga memaparkan bahwa stress adalah faktor utama yang memengaruhi kesehatan sistem imun tubuh. Karenanya penting untuk memastikan kamu bebas stress sebelum vaksin agar tubuh nantinya merespons kandungan vaksin dengan baik.

Peneliti juga menyoroti makanan sebagai faktor penting lainnya yang memengaruhi tubuh sebelum dan sesudah vaksin. Ternyata ada beberapa makanan yang disarankan peneliti untuk tidak dikonsumsi setelah mendapat vaksin Covid-19 agar efektivitas vaksin tidak berkurang dan sistem imun tubuh tetap kuat.

Berikut 5 makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi setelah vaksin Covid-19:

1. Minuman tinggi gula

Selain memicu obesitas, konsumsi minuman tinggi gula seperti soda, jus buah kemasan, hingga minuman berenergi tidak memiliki manfaat apapun untuk kesehatan. Hal ini disampaikan peneliti dari Harvard, Vasanti S. Malik.

Sebaliknya, minum minuman tinggi gula bakal membuat kamu berisiko alami berbagai masalah kesehatan. Mulai dari penambahan berat badan, risiko diabetes yang lebih tinggi, gigi rusak, nyeri sendi, masalah ginjal, kolesterol tinggi, hingga masalah hormon. Minuman ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi sehari-hari, apalagi dijadikan pengganti air putih.

Lalu dalam kaitannya dengan vaksin Covid-19, konsumsi minuman tinggi gula juga memicu obesitas. Peneliti Shenggen Fan menyoroti hal ini bisa memengaruhi bagaimana tubuh merespons vaksin Covid-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Pelonggaran Kebijakan Dine In Diharapkan Dorong Program Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com