Rambut Rontok Setelah Covid? Lakukan Perawatan dengan 5 Bahan Alami Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 30 Sep 2021 08:30 WIB
Efek Rambut Rontok Setelah Vaksin, Bisa Diatasi dengan Masker Rambut dari Bahan Alami Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Penyintas Covid-19 merasakan efek rambut rontok setelah sembuh. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan masker rambut yang terbuat dari bahan alami.

Rambut rontok kerap menjadi salah satu masalah kesehatan yang dialami setiap orang. Bisa dikarenakan beberapa faktor, seperti stres atau mengidap penyakit tertentu.

Di tengah pandemi, ternyata banyak penyintas Covid-19 yang merasakan efek rambut rontok. Kerontokan rambut ini disebut dengan istilah telogen effluvium atau kerontokan rambut secara mendadak.

Kerontokan rambut yang mendadak ini bisa dipicu dari stres yang dialami ketika stres. Rambut rontok pasca terinfeksi Covid-19 bisa membaik dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-3 bulan. seperti dikutip dari Halodoc (23/8/2021).

Namun, kalau masalah rambut rontok tak kunjung usai bisa diatasi dengan melakukan perawatan. Kamu bisa menggunakan produk kecantikan rambut seperti shampoo, conditioner, hingga masker rambut.

Dilansir dari City Spidey (25/6), ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut untuk merawat rabut rontok. Mulai dari lidah buaya hingga telur.

Berikut 5 bahan alami untuk atasi rambut rontok.

1. Masker Telur

Efek Rambut Rontok Setelah Vaksin, Bisa Diatasi dengan Masker Rambut dari Bahan AlamiEfek Rambut Rontok Setelah Vaksin, Bisa Diatasi dengan Masker Rambut dari Bahan Alami Foto: Getty Images/iStockphoto

Ternyata telur tak hanya dijadikan olahan makanan yang lezat, tapi juga bisa digunakan untuk perawatan kesehatan rambut. Kamu bisa menggunakan telur ayam untuk membuat masker rambut.

Karena telur mengandung protein yang tinggi. Selain itu, ada juga kandungan sulfur, zinc, dan fosfor yang merupakan nutrisi penting untuk kesuburan rambut. Untuk membuat masker rambut dari telur, kamu bisa menggunakan satu butir telur yang dicampurkan madu dan minyak zaitun.

Kemudian, aplikasikan dari akar hingga ujung rambut dan diamkan selama 25 menit. Setelah itu bilas dan bersihkan menggunakan shampoo. Kamu bisa melakukan satu kali dalam seminggu.

Baca Juga: Pantangan Setelah Vaksin, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini!

2. Minyak Kelapa Murni

Efek Rambut Rontok Setelah Vaksin, Bisa Diatasi dengan Masker Rambut dari Bahan AlamiEfek Rambut Rontok Setelah Vaksin, Bisa Diatasi dengan Masker Rambut dari Bahan Alami Foto: Getty Images/iStockphoto

Minyak kelapa biasa dikonsumsi oleh pelaku diet keto karena memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi dan tidak memiliki karbohidrat. Selain untuk memasak, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk perawatan rambut dan wajah.

Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke rambut secara menyeluruh untuk mencegah rambut rontok. Karena, kandungan asam lemak pada minyak kelapa bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan rambut dan memperkuat akarnya.

Gunakan 2-3 sendok teh minyak kelapa dan aplikasikan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Pijat kulit kepala agar minyak kelapa mennyerap ke dalam dan diamkan minimal 20 menit. Bilas dan bersihkan minyak kelapa menggunakan shampoo. Lakukan tips ini selama 2 kali dalam seminggu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com