Sandiaga Uno Bawa Sambal saat Makan di Restoran di Paris Bikin Chef Tersinggung

Riska Fitria - detikFood Rabu, 29 Sep 2021 16:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno Foto: dok. Kemenparekraf
Jakarta -

Tak bisa lepas dari sambal, Sandiaga Uno dan istri sampai bawa sambal saat makan di restoran di Paris. Namun, itu bikin chefnya kecewa. Kenapa?

Masyarakat Indonesia dikenal memiliki selera makan pedas. Karenanya, makan tanpa sambal dirasa kurang lengkap. Rasa pedas pada sambal itu seakan dapat meningkatkan selera makan bertambah.

Begitu juga dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dalam binta virtual bersama artis Maudy Ayunda, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa ia tak bisa lepas dari sambal.

Baca Juga: Indonesia Ikut Bocuse d'Or, Sandiaga Uno Harapkan Kuliner Indonesia Kian Berjaya

Ilustrasi sambal terasiSandiaga Uno Bawa Sambal saat Makan di Restoran di Paris Bikin Chef TersinggungFoto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Sandiaga Uno bahkan sampai membawa sambal dari Indonesia saat pergi ke Paris, Prancis bersama sang istri, Nur Asia. Sambal itu kemudian dibawa oleh Sandiaga Uno dan istri saat makan di restoran di Paris.

"Aku pernah pergi sama istriku, di salah satu restoran di Paris gitu. Nur itu ngeluarin sambal gitu terus taruh di atas meja," ujar Sandiaga Uno (28/09).

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menceritakan bahwa setelah istrinya menaruh sambal di atas meja membuat chef di restoran tersebut keluar dan menghampiri mereka.

"Itu chefnya sampai keluar, karena dia lihat tersinggung. Sambalnya dibawa, dia cium gitu. Dia buka terus dia cium terus dia bawa," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Bawa Sambal saat Makan di Restoran di Paris Bikin Chef TersinggungSandiaga Uno Bawa Sambal saat Makan di Restoran di Paris Bikin Chef Tersinggung Foto: TikTok @sandiagauno.official

Namun, Sandiaga Uno paham bahwa setiap makanan merupakan hasil karya chef. Jadi, ketika makanan disajikan oleh chef untuk pengunjung, maka itu adalah yang terbaik.

Jika ada pengunjung yang meminta garam, saus, kecap dan bumbu lainnya kepada pelayan, maka tak jarang chef yang merasa tersinggung karena makanan buatannya dinilai tak sempurna.

"Karena menurut dia, dia kan udah kerja keras gitu loh untuk bikin makanan gitu. Garam sama merica saja gak disediakan di atas meja. Jadi dia adalah salah satu chef terkenal," tutur Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga UnoSandiaga Uno Bawa Sambal saat Makan di Restoran di Paris Bikin Chef Tersinggung Foto: (Kemenparekraf)

Selepas kejadian itu, Sandiaga Uno dan sang istri tidak berani melakukan hal apapun. Mereka langsung menikmati makanan yang sudah disajikan oleh chef di sana.

"Abis itu gak berani ngapain-ngapain lagi. Dikasih itu ya dimakan aja. Gak bisa minta ini minta itu," tuturnya.

Di balik kejadian itu, Sandiaga Uno mengatakan bahwa dirinya belajar untuk menerima. Sebab setiap negara pasti memiliki perbedaan cara pandang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meninjau Stadion Lukas Enembe. Stadion ini akan menjadi venue utama PON XX Papua.Sandiaga Uno Bawa Sambal saat Makan di Restoran di Paris Bikin Chef Tersinggung Foto: Kemenparekraf

Potongan video yang dibagikan lewat TikTok @sandiagauno.official tersebut kemudian ramai dikomentari netizen. Banyak netizen yang juga membagikan pengalamannya saat makan di Paris.

"Pandangan 1: Pengujung tidak menghargai chef. Pandangan 2: chef tidak menghargai perbedaan lidah dari berbeda negara," tulis netizen.

"Tapi emang bener, Paris itu yang jadi raja koki bukan pengunjung. Jadi pelanggan harus menghargai masakan koki," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Ini Kiat-kiat Sukses Bisnis Kuliner dari Sandiaga Uno



Simak Video "Menparekraf Sandiaga Cicipi Aneka Kuliner Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com