Setelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap Sehat

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Jan 2022 14:00 WIB
Setelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap Sehat Foto: iStock
Jakarta -

Setelah vaksin COVID-19 biasanya menimbulkan efek samping. Untuk menguranginya, sebaiknya mengonsumsi 8 makanan dan minuman sehat ini.

Sistem kekebalan tubuh yang tinggi dapat menjaga tubuh dari segala penyakit, termasuk dari efek samping setelah vaksin COVID-19. Dan makanan dan minuman memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Vaksin COVID-19 dapat memicu respon imun inflamasi dengan memproduksi protein yang dikenal sebagai sitokin. Kondisi itulah yang menyebabkan efek samping.

Mulai dari demam, nyeri tubuh, kelelahan hingga sakit kepala. Setelah vaksinasi COVID-19, hal yang harus dilakukan adalah menghindari menyebabkan peradangan lebih lanjut.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman sehat ini. Makanan dan minuman sehat ini mengandung antioksidan dan nutrisi yang tinggi.


Dilansir dari Fitness First (12/07/21) berikut 8 makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah vaksin COVID-19:


1. Kaldu Tulang

Setelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap SehatSetelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap Sehat Foto: iStock

Kaldu tulang merupakan kaldu yang terbuat dengan merebus tulang hewan. Proses perebusan tersebut membutuhkan waktu berjam-jam, tapi itu sepadan dengan manfaat yang diberikan.

Kaldu tulang tidak hanya dapat menambah cita rasa gurih pada makanan, tetapi kini semakin populer sebagai tonik kesehatan dan suplemen. Kaldu tulang baik dikonsumsi setelah vaksin.

Kaldu tulang memiliki kolagen dalam jumlah yang banyak, nutrisi itu berperan untuk memperbaiki dan memperkuat lapisan usus. Selain itu, juga mengandung asam amino yang baik untuk melawan peradangan.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Vaksin Covid-19

2. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous adalah sayuran yang masuk ke dalam keluarga tanaman brassica. Jenis sayuran cruciferous antara lain kubis, kol, brokoli, lobak, kangkung, selada air, kubis brussel dan sawi hijau.

Kamu bisa mengonsumsi jenis sayuran tersebut secara bergantian. Sayuran cruciferous mengandung banyak nutrisi baik, mulai dari serat, folat, mineral, karotenoid dan vitamin C,E dan K.

Selain itu, sayuran cruciferous mengandung antioksidan yang tinggi. Karenanya disarankan untuk dikonsumsi setelah melakukan vaksin COVID-19 karena dapat membantu mengurangi peradangan.

3. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Setelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap SehatSetelah Vaksin COVID-19, Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Agar tetap Sehat Foto: iStock

Beberapa orang mungkin menghindari jenis bawang-bawangan, seperti bawang putih dan bawang bombay karena membuat nafas beraroma kurang sedap.

Namun, bawang-bawangan tersebut memiliki khasiat yang penting untuk kesehatan. Bawang putih dan bawang bombay dikemas dengan selenium dan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kedua jenis bawang itu merupakan prebiotik alami yang akan memberi makan bakteri yang baik pada usus. Kamu bisa menambahkan bawang-bawangan ke dalam masakan.

Baca Juga: Pantangan Setelah Vaksin, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini!

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pelonggaran Kebijakan Dine In Diharapkan Dorong Program Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com