5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersamaan dengan Susu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 05 Jan 2022 12:30 WIB
5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersamaan dengan Susu Foto: Getty Images/iStockphoto/guvendemir
Jakarta -

Minum susu memang nikmat, namun usahakan tidak mengonsumsi susu berbarengan dengan 5 makanan ini. Mulai dari pisang hingga teh. Ini sebabnya.

Susu sapi merupakan minuman sehat kaya nutrisi. Dalam segelas susu sapi segar mengandung protein, vitamin A, vitamin B, vitamin D, kalsium, hingga fosfor.

Mengonsumsi susu secara rutin juga baik untuk kesehatan. Susu bisa meningkatkan kekuatan tulang, menjaga kesehatan jantung, hingga membuat imunitas tubuh lebih kuat.

Biasanya orang minum susu di pagi hari saat sarapan, namun tak sedikit juga yang menjadikan susu sebagai minuman pendamping makanan mereka. Hal ini perlu diwaspadai lantaran tak semua makanan cocok dikonsumsi bersamaan dengan susu.

Paduan susu dengan beberapa makanan ini malah disebut bisa mengurangi manfaat sehat konsumsi sebuah makanan hingga menimbulkan gangguan kesehatan. Mulai dari perut kembung, begah, diare, dan lainnya.

Berikut 5 makanan yang tak baik atau tak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan susu:

1. Teh

Minum teh campur susu memang enak, namun paduan ini rupanya tak direkomendasikan pakar kesehatan. Mengutip Prevention (7/12/15), ahli gizi Alissa Rumsey menjelaskan teh hitam mengandung antioksidan tinggi yang bagus untuk mencegah ragam penyakit.

Menambahkan susu, baik susu sapi maupun susu nabati, ke dalam teh tidak disarankan karena protein susu bakal mengikat antioksidan yang ada dalam teh sehingga proses penyerapannya jadi sulit.

Lebih jauh lagi, susu tidak bisa memberi manfaat kalsium karena kafein dalam teh bakal mencegah penyerapan kalsium dari susu. "Jika ingin menambahkan sesuatu ke dalam teh, lebih baik perasan lemon. Air asam ini bakal meningkatkan jumlah antioksidan yang bisa terserap tubuh," kata ahli gizi Rachel Meltzer Warren.

2. Pisang

5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersamaan dengan Susu5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersamaan dengan Susu Foto: Getty Images/iStockphoto/guvendemir

Beberapa orang gemar sarapan pisang lalu minum susu. Kebiasaan ini sebaiknya tak lagi dilakukan karena merugikan kesehatan. India (24/6/2021) mengatakan kombinasi susu dan pisang berat untuk dicerna tubuh dan membutuhkan waktu lama. Hal ini bisa menyebabkan perut kembung dan begah sepanjang hari.

Kalaupun kamu mau mengonsumsi pisang dan susu selayaknya smoothies pisang, ada baiknya menambahkan rempah yang membantu sistem pencernaan. Misalnya bubuk pala dan bubuk kayu manis yang juga bisa memberi aroma dan rasa rempah tambahan.

Simak informasi di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com