5 Manfaat Susu Jahe, Menghangatkan Badan dan Menyehatkan

Tim Detikfood - detikFood
Senin, 03 Jan 2022 10:30 WIB
Resep Wedang Jahe Susu
Foto: iStock
Jakarta -

Susu jahe merupakan salah satu minuman populer yang sering dinikmati saat udara dingin. Selain menghangatkan badan juga memberi manfaat sehat.

Jahe sendiri merupakan salah satu rempah populer yang dikenal menyehatkan. Rasanya sedikit pedas dan menimbulkan sensasi hangat.

Biasanya orang Indonesia mengonsumsi jahe untuk mengobati masalah pencernaan, bahkan dipercaya mampu menurunkan kolesterol.

Tanaman yang juga dikenal dengan Zingiber Officinale ini mengandung nutrisi dan komponen bioaktif yang berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan otak. Salah satunya gingerol.

Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe yang bermanfaat sebagai pengobatan.

Gingerol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan kuat yang sering digunakan untuk mengatasi masalah perut seperti radang, mual dan muntah, diare, irritable bowel syndrome atau iritasi usus besar, dan kehilangan nafsu makan.

Para peneliti percaya zat kimia dalam jahe bukan hanya fokus bekerja di lambung dan usus, melainkan di otak dan sistem saraf dalam mengendalikan mual.

Selain itu, menambahkan jahe ke dalam segelas susu sama seperti lapisan gula pada kue. Susu memberi semua nutrisi penting yang dibutuhkan dalam tubuh.

Berikut manfaat susu jahe yang sehat nan menghangatkan, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat susu jahe baik untuk daya tahan tubuh. Pasalnya, susu jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Karena jahe, tubuh secara otomatis membunuh kuman berbahaya dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan yang ada dalam susu jahe membantu melindungi diri dari radikal bebas yang ada di tubuh yang membuat tubuh tetap sehat dan terlindungi.

Bisa Cegah COVID-19, Jahe Tertulis dalam Al-Qur'an sebagai Bahan Minuman Surga5 Manfaat Susu Jahe, Menghangatkan Badan dan Menyehatkan Foto: iStock

2. Menyehatkan pencernaan

Jahe baik untuk sistem pencernaan. Karena melindungi tubuh dari sembelit, sakit perut, keasaman, asam lambung dan lainnya.

Senyawa fenolik dalam jahe dikenal mampu meringankan infeksi gastrointestinal (GI) atau dinding saluran pencernaan, merangsang produksi air liur dan empedu, dan menekan kontraksi lambung saat makanan dan cairan bergerak melalui saluran pencernaan.

Minum susu jahe setelah sarapan dapat menjauhkan dari masalah terkait pencernaan.

3. Mencegah osteoporosis

Susu jahe membantu meningkatkan kekuatan dan kesehatan tulang secara alami.

Pasalnya, susu memiliki banyak kalsium, potasium dan magnesium, yang mencegah kelemahan tulang. Lalu jahe yang ada di dalamnya membuat tulang terhindar dari kelelahan yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan.

Hal ini yang membuat konsumsi susu jahe secara teratur setelah usia 40 tahun bantu menjauhkan kamu dari osteoporosis.

Apa saja manfaat sehat susu jahe yang lain, cek di halaman berikutnya.



Simak Video "Asam Segar Gado-gado Bon Bin yang Sudah Ada Sejak 1960"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)