Year in Review 2021

7 Tips Diet Terbaik Tahun 2021 Menurut Pakar Kesehatan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 31 Des 2021 05:00 WIB
7 Tips Diet Terbaik Tahun 2021 Menurut Pakar Kesehatan Foto: Eat This, Not That!
Jakarta -

Tahun 2021 segera berganti. Di sepanjang tahun ini ada banyak tips diet terbaik menurut para pakar kesehatan. Tips diet ini masih bisa kamu jalani di tahun 2022 agar lebih sehat dan bugar.

Sepanjang 2021, banyak orang melakukan diet, entah untuk menurunkan berat badan atau menjaga kesehatan secara menyeluruh. Namun ahli gizi Jill Weisenberger menyoroti motivasi diet kebanyakan orang kini lebih ke arah kesehatan, bukan sekadar langsing semata.

Hal serupa juga disampaikan ahli gizi Silvia Carli. Ia mengatakan orang-orang mulai paham bahwa lebih kurus bukan berarti lebih sehat. Ia juga mengatakan diet-diet yang terlalu ketat dan membatasi asupan makanan pelakunya akan ditinggalkan di tahun 2022.

Sebaliknya, diet sehat yang menjanjikan penurunan berat badan lebih lama namun stabil, bakal dipilih lebih banyak orang. Tips diet ini populer di tahun 2021 dan disarankan pakar kesehatan tetap dijalani tahun 2022.

Berikut 7 tips diet terbaik tahun 2021 menurut pakar kesehatan, seperti dirangkum dari Eat This, Not That! (25/12/21):

1. Selalu mengasup protein

7 Tips Diet Terbaik Tahun 2021 Menurut Pakar Kesehatan7 Tips Diet Terbaik Tahun 2021 Menurut Pakar Kesehatan Foto: Eat This, Not That!

Protein adalah zat gizi penting yang sebaiknya selalu dikonsumsi setiap makan. Protein punya banyak fungsi, termasuk menghadirkan rasa kenyang lebih lama yang penting untuk pelaku diet.

Asupan protein yang lebih banyak juga berkaitan dengan jumlah kalori yang bakal terbakar lebih banyak. Weisenberger menyarankan seseorang untuk menambahkan protein ke dalam tiga waktu makan utama. "Saya sarankan sekitar 25 gram sumber protein di tiap waktu makan karena protein membantu kamu kenyang dan puas," ujarnya.

2. Banyak minum air putih

Soda, sirup, jus buah, es kopi susu, dan minuman manis lainnya memang nikmat, namun dampaknya buruk untuk kesehatan. Minuman yang dianjurkan pakar kesehatan adalah air putih.

"Hanya minum minuman yang tidak ada kalorinya," saran personal trainer, TJ Mentus. Ia mengatakan minuman manis mungkin membuat kenyang, tapi sifatnya hanya sesaat. Faktanya, kamu bakal merasa lapar dan mungkin berakhir makan lebih banyak setelahnya. Dengan minum banyak air putih, kamu bakal merasa kenyang lebih lama.

3. Konsumsi protein berkualitas tinggi

7 Tips Diet Terbaik Tahun 2021 Menurut Pakar Kesehatan7 Tips Diet Terbaik Tahun 2021 Menurut Pakar Kesehatan Foto: Eat This, Not That!

Tips diet terbaik tahun 2021 selanjutnya adalah mengonsumsi protein berkualitas tinggi, bukan sembarang protein. Nutrisi ini terdapat pada dada ayam, daging sapi minim lemak, telur, produk susu rendah lemak, dan makanan nabati seperti tahu, tempe, dan edamame.

Mencukupi kebutuhan protein bisa mengikuti panduan 1.2-2 gram protein per kilogram berat badan. Usahakan memenuhi kebutuhan protein hari ini agar metabolisme tubuh juga berjalan efektif.

Lihat lagi tips diet terbaik tahun 2021 menurut pakar kesehatan di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com