5 Minuman Herbal untuk Lunturkan Kolesterol Usai Pesta Natal

Devi Setya - detikFood
Minggu, 26 Des 2021 08:00 WIB
5 Minuman Herbal untuk Lunturkan Kolesterol Usai Pesta Natal
Foto: Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva
Jakarta -

Momen Natal jadi salah satu ajang menyantap makanan lezat. Tapi terkadang saking asyiknya makan, sampai lupa kadar kolesterol dalam tubuh.

Sajian spesial saat Natal seperti ayam panggang atau menu olahan daging memang sulit ditolak. Apalagi suasana makannya bersama keluarga yang pasti bikin semakin seru dan meriah. Momen seperti inilah yang terkadang bikin kalap makan.

Bagi orang yang sehat dan tak memiliki riwayat kolesterol tentu tak masalah, tapi lain ceritanya kalau memiliki kolesterol yang biasanya akan melonjak usai makan makanan tinggi lemak. Tak perlu khawatir, kamu bisa mengonsumsi berbagai minuman herbal yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Berikut beberapa minuman herbal peluntur kolesterol:

1. Teh hijau

Secangkir teh hijau bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk kolesterol. Dilansir dari Healthline (25/12) kandungan antioksidan dalam teh hijau terbukti ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, terutama usai menyantap makanan tinggi lemak.

Seduh teh hijau dengan air hangat lalu nikmati segera. Teh hijau bisa dikonsumsi rutin saat pagi hari. Untuk hasil terbaik usahakan memilih teh hijau bubuk dibandingkan teh hijau celup. Minum teh hijau secara alami tanpa tambahan apapun.

5 Minuman Herbal untuk Lunturkan Kolesterol Usai Pesta Natal5 Minuman Herbal untuk Lunturkan Kolesterol Usai Pesta Natal Foto: Getty Images/iStockphoto/JulijaDmitrijeva

2. Air lemon


Untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, cobalah minum air lemon setiap hari secara rutin. Atau pilih konsumsi air lemon ketika menikmati makanan berlemak. Namun bukan berarti kamu bisa sepuasnya makan makanan tinggi lemak, porsinya harus dibatasi.

Lemon secara alami mengandung antioksidan dan pektin yang membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan manfaat konsumsi kulit lemon. Terdapat kandungan d-limonene yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida atau lemak jahat.

3. Air bawang putih


Bawang putih secara ilmiah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Senyawa alicin yang terkandung dalam bawang putih diketahui mengandung sulfur yang dikenal dapat mengurangi kolesterol secara signifikan.

Dilansir dari Very Well Health (25/12), konsumsi 1-2 siung bawang putih mentah per hari terbukti baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Bawang putih ini bisa direndam dalam segelas air untuk kemudian dikonsumsi airnya.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]