Rahasia Orang Korea dan China Hobi Mukbang tapi tetap Sehat

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 22 Des 2021 13:00 WIB
Ini Makanan yang Baik Diberikan pada Anak Sebelum Vaksinasi COVID-19
Foto: iStock
Jakarta -

Mukbang sering dilakukan oleh orang Korea, China hingga Hong Kong. Meski doyan mukbang banyak dari mereka yang tetap bugar dan sehat. Ini rahasianya.

Mukbang adalah konten yang menayangkan adegan makan makanan dengan porsi jumbo. Tren mukbang ini berasal dari Korea dan kini populer hingga ke berbagai penjuru dunia.

Dengan mengonsumsi makanan yang porsinya besar, belum lagi gaya makan yang terkesan buru-buru membuat mukbang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan.

Salah satunya obesitas, diabetes hingga penyakit jantung. Namun sadarkah kalian, banyak orang di negara Korea, China dan Hong Kong yang meskipun mereka hobi mukbang tetapi tubuhnya tetap bugar dan sehat.

Baca Juga: 5 Hal di Balik Layar Konten Mukbang yang Jadi Keluh Kesah

Ini Makanan yang Baik Diberikan pada Anak Sebelum Vaksinasi COVID-19Ini Makanan yang Baik Diberikan pada Anak Sebelum Vaksinasi COVID-19 Foto: iStock

Padahal makanan yang dikonsumsi saat mukbang pun kurang bergizi, seperti mie instan, ayam goreng crispy, burger, pizza dan jenis fast food lainnya.

Fenomena tersebut pun ditanggapi oleh dr Zaidul Akbar. Dalam ceramahnya yang diunggah di Channel YouTube Penemuan Berfaedah, ia menjelaskan tentang rahasia sehat meski hobi makan.

Ternyata kuncinya adalah kebiasaan mereka yang hobi jalan kaki. Dr Zaidul Akbar pun menceritakan pengalamannya kala berkunjung ke Hong Kong.

"Mereka itu orang yang hobi jalan, kalau anda pernah pergi ke Hong Kong naik MRT itu luar biasa jumlah anak tangganya. Saya pernah ngitung hampir 14.000 langkah," ujar dr Zaidul Akbar.

Baca Juga: Wow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 Juta

Ini Makanan yang Baik Diberikan pada Anak Sebelum Vaksinasi COVID-19Ini Makanan yang Baik Diberikan pada Anak Sebelum Vaksinasi COVID-19 Foto: iStock

Menurut dr Zaidul Akbar, jalan kaki merupakan olahraga ringan yang memiliki banyak manfaat. Jalan kaki bisa membakar kalori setelah banyak mengonsumsi makanan yang berlemak, tinggi garam atau gula.

Dr Zaidul Akbar mengatakan kalau orang Hong Kong, Korea, Jepang dan China memiliki kebiasaan jalan kaki saat berpergian. "Masalahnya ada pada kebiasaan," tutur dr Zaidul Akbar.

Lebih lanjut, dr Zaidul Akbar juga menjelaskan bahwa hobi mukbang apalagi dengan menu fast food tetapi tidak diimbangi dengan olahraga dan kurang minum air putih bisa menyebabkan timbulnya penyakit.

"Karakter orang-orang China, Hong kong segala macem mereka juga banyak dominannya dengan bawang-bawangan dan sayuran," tutup dr Zaidul Akbar.

Baca Juga: Mukbang Ekstrem Jadi Tren Content Creator, Menunya Babi Utuh hingga Kelelawar



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Suki Mulai Rp 99 Ribu yang Nagih Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)