Mukbang Ekstrem

Mukbang Ekstrem Jadi Tren Content Creator, Menunya Babi Utuh hingga Kelelawar

Devi Setya - detikFood Rabu, 01 Des 2021 14:00 WIB
Bobon Santoso Bikin Bakso Kodok Banteng, Netizen: Ampun Bang Jago! Foto: YouTube The Santoso
Jakarta -

Youtuber banyak yang melalukan mukbang sebagai pemikat netizen pengikutnya. Mereka memilih mukbang makanan ekstrem. Porsinya super banyak dengan menu babi utuh hingga kelelawar.

Mukbang sendiri merupakan istilah yang berasal dari Korea Selatan. Mukbang artinya kegiatan bagi orang-orang yang merekam dirinya saat mengonsumsi makanan. Biasanya makanan yang dipilih saat mukbang ini adalah makanan unik atau makanan dalam porsi banyak.

Tren ini lantas menjamur dengan cepat. Banyak youtuber yang membuat video mukbang makanan. Untuk menarik perhatian, makanan yang dipilih pun bukan makanan biasa.

Wow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 JutaWow! YouTuber Ini Mukbang Babi Guling Utuh seharga Rp 1.5 Juta Foto: YouTube Nengah NW

Berbagai makanan ekstrem dijadikan santapan para youtuber yang siap mukbang ini. Sebut saja beberapa diantaranya ada mukbang makan seekor babi panggang utuh, mukbang kelelawar, mukbang cabe, mukbang gurita hidup hingga mukbang daging tikus.

Porsi makanan pun jadi hal yang tampaknya penting diperhatikan saat membuat konten video mukbang. Porsi makanan super banyak tentu lebih menarik perhatian. Sebut saja misalnya mukbang 4 kilogram nangka, mukbang 4 ekor ayam hingga mukbang 7 bungkus nasi Padang sekaligus.

Tentu dibutuhkan keahlian khusus untuk mukbang makanan dalam porsi sangat banyak. Karena akan membahayakan jika seseorang menyantap makanan sekaligus dalam jumlah melebihi kapasitas perut.

Dan pastinya dibutuhkan nyali besar untuk menyantap berbagai makanan ekstrem. Oiya untuk membuat konten mukbang ini juga diperlukan uang yang tidak sedikit. Tentu membeli makanan dalan jumlah banyak harus merogoh kantong dalam.

Di Indonesia ada Tan Boy Kun yang dikenal sebagai youtuber spesialis mukbang. Pria asli Minang ini punya banyak konten video mukbang berbagai makanan. Tan Boy Kun selalu berhasil menghabiskan makanan porsi sangat banyak.

Bobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra NetizenBobon Santoso Masak Daging Kuda, Picu Pro Kontra Netizen Foto: Instagram bobonsantoso


Ada juga Bobon Santoso yang terkenal dengan aksi mukbang ekstrem yang banyak ia bagikan lewat YouTube channelnya. Bobon pernah membuat konten mukbang bayi tikus, mukbang kelelawar bahkan mukbang ikan buntal yang dikenal sebagai ikan paling beracun dan mematikan.

Semua tampaknya terbayarkan dengan jutaan penonton di media sosial. Buktinya konten video mukbang masih terus bermunculan, bahkan dengan makanan yang semakin tak masuk akal.

Di balik aksi mukbang ekstrem ini, tak sedikit yang berujung kematian. Beberapa vlogger dikabarkan merenggang nyawa usai membuat konten mukbang ekstrem.

Seperti kasus yang dialami pria berusia 30 tahun asal Anhui, China. Ia dikabarkan tewas usai mukbang beberapa hewan seperti kelabang, ulat dan tokek. Pihak kepolisian yang menyelidiki kasus ini mengatakan pria ini makan berbagai hewan dalam keadaan masih hidup.

Ada juga youtuber ternama asal Jepang bernama Sola. Wanita ini tewas usai menyantap bola-bola nasi. Dalam siaran langsung yang disiarkan lewat akun media sosialnya, Sola tampaknya tersedak bola nasi yang ditelannya ini. Alhasil ia harus kehilangan nyawa karena tak bisa bernafas.

Seperti apa tren mukbang ekstrem ini dan makanan apa saja yang pernah disantap para youtuber? Simak ulasan lengkap seputar mukbang ekstrem ini hanya di detikFood.



Simak Video "Mukbang Seafood Cuma-cuma Bagi Penghapal Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com