5 Fakta Infused Water untuk Diet, Benarkah Berkhasiat?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Des 2021 06:00 WIB
5 Fakta Infused Water untuk Diet, Benarkah Berkhasiat? Foto: Getty Images/iStockphoto/Valeriy_G

4. Mitos: mendetoks tubuh

Klaim infused water untuk mendetoks tubuh alias menyingkirkan racun-racun dari dalam tubuh juga ramai diperbincangkan. Namun faktanya, klaim ini hanya mitos saja.

Pakar kesehatan menyebut kata "racun" dan "detoks" dalam sebuah klaim produk makanan adalah istilah yang tidak jelas. Produsen tidak benar-benar mendefinisikan apa yang dihilangkan atau bagaimana proses detoks itu terjadi?

Tubuh manusia sendiri sebenarnya sudah memiliki 'alat detoks' seperti paru-paru, ginjal, kulit, usus besar, dan hati. Karenanya klaim infused water untuk detoks sampai saat ini belum terbukti bisa mempercepat atau membuat proses detoks lebih efisien.

5. Mitos: memperbaiki kulit wajah

5 Fakta Infused Water untuk Diet, Benarkah Berkhasiat?5 Fakta Infused Water untuk Diet, Benarkah Berkhasiat? Foto: Getty Images/iStockphoto/Valeriy_G

Kondisi kulit wajah, baik warna, tekstur, maupun tampilannya disebut bisa diperbaiki lewat konsumsi infused water. Namun anggapan ini kurang tepat karena tidak ada hasil penelitian yang mendukung.

Minum banyak air, termasuk infused water, memang bagus untuk menghidrasi kulit dan membuatnya tetap sehat dan kenyal. Namun infused water tidak akan mengubah tampilan atau mengatasi masalah kulitmu hanya dalam sekejap. Tak ada bukti ilmiah yang menunjukkan konsumsi infused water lebih efektif dari air biasa untuk manfaat memperbaiki kulit.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com