Ini Beda Proses Pencernaan Mie Instan vs Mie Buatan Rumah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 21 Des 2021 11:30 WIB
Ini Beda Proses Pencernaan Mie Instan vs Mie Buatan Rumah
Foto: YouTube Food Matters
Jakarta -

Proses pencernaan mie instan diungkap melalui sebuah eksperimen. Terlihat perbedaan bentuk mie instan versus mie buatan rumah di perut setelah 4 jam dicerna. Begini tampilannya.

Konsumsi mie instan masih terus jadi perdebatan sampai sekarang. Ada yang meyakini mie instan sangat tidak sehat sehingga harus dihindari sepenuhnya, namun ada juga yang beranggapan tak masalah makan mie instan sesekali.

Penggunaan bahan tambahan seperti pengawet hingga MSG dalam mie instan membuat pelaku hidup sehat cenderung menghindari produk ini sepenuhnya. Mereka juga beranggapan mie instan termasuk makanan yang sulit dicerna sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Lalu bagaimana faktanya? Melansir YouTube Food Matters (23/1/2019), peneliti melakukan eksperimen soal proses cerna mie instan di usus. Mereka membandingkannya dengan mie buatan rumah (homemade) yang segar dan dibuat tanpa bahan tambahan macam-macam.

Ini Beda Proses Pencernaan Mie Instan vs Mie Buatan RumahIni Beda Proses Pencernaan Mie Instan vs Mie Buatan Rumah Foto: YouTube Food Matters

Ahli biokimia nutrisi, Libby Weaver menjelaskan penelitian ini menggunakan kamera kecil nan canggih. Kamera ini bisa ditelan oleh partisipan karena ukurannya hanya seukuran kapsul vitamin. Kamera ini bahkan bisa merekam hingga 15 jam mengenai yang terjadi di dalam sistem pencernaan.

"Hal yang dilakukan peneliti adalah mereka memberi sebuah kelompok makanan homemade. Mereka membuat mie sendiri, hanya dengan tepung terigu dan air, kemudian disajikan bersama kaldu yang dibuat dari air, sayuran, garam, dan lada," jelas Weaver.

"Kemudian kelompok lainnya diberi mie instan yang dibeli dari supermarket. Mie ini dilengkapi bumbu kemasan yang tinggal ditambahkan air panas untuk mematangkannya. Menu ini juga disajikan dengan minuman biru, sebuah produk minuman olahraga," lanjut Weaver.

Selanjutnya partisipan menelan kamera kecil dan peneliti melihat seperti apa yang terjadi di dalam sistem pencernaan setelah 4 jam berlalu?

Ini Beda Proses Pencernaan Mie Instan vs Mie Buatan RumahIni Beda Proses Pencernaan Mie Instan vs Mie Buatan Rumah Foto: YouTube Food Matters

Hasilnya, mie buatan rumah hanya tinggal bulu halus-halus putih di dalam sistem pencernaan. "Dan inilah yang memang seharusnya terjadi dimana mie dipecah sempurna pada tahapan pencernaan ini," kata Weaver.

Tapi pemandangan berbeda terlihat pada proses cerna mie instan. Terlihat beberapa lembar mie masih utuh dan bahkan bekas gigitannya juga tampak.

"Jika kamu memiliki makanan di sistem pencernaan, selama 4 jam terekspos dengan enzim pencernaan dan belum tercerna, ini mengartikan kalau mungkin ada senyawa di beberapa produk makanan olahan yang tidak bisa dicerna secara alami oleh tubuh," jelas Weaver.

Ini Beda Proses Pencernaan Mie Instan vs Mie Buatan RumahIni Beda Proses Pencernaan Mie Instan vs Mie Buatan Rumah Foto: YouTube Food Matters

Ia juga menyoroti warna biru minuman yang turut 'mewarnai' usus kelompok yang makan mie instan. "Itu karena pewarna dalam minuman biru berasal dari petroleum dan kita tidak punya kemampuan untuk mencerna petrol," katanya.

Weaver mengatakan kalau bahan, pewarna, dan pemanis buatan dibuat secara sintetis. Senyawa-senyawa yang ada di dalamnya pun belum diketahui benar dari mana asalnya, apalagi dampaknya untuk tubuh manusia.



Simak Video "Melihat Surga Mie Instan di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)