ADVERTISEMENT

7 Makanan Alami yang Bikin Sperma Tokcer dan Lincah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 21 Des 2021 06:00 WIB
7 Makanan Alami yang Bikin Sperma Tokcer dan Lincah
Foto: Getty Images/iStockphoto/DjordjeDjurdjevic
Jakarta -

Beberapa pria alami masalah sperma, seperti jumlahnya yang sedikit dan kualitasnya yang buruk. Ternyata ada 7 makanan alami yang bikin sperma tokcer dan lincah. Ini dia daftarnya!

CNY Fertility (16/12/2021) mengungkap kualitas sperma yang buruk menjadi penyebab utama dari setengah kasus kemandulan. Tapi untungnya, pria bisa memproduksi sperma baru terus-menerus.

Hal yang kemudian perlu diperhatikan adalah memastikan sperma tersebut bagus, baik dari segi jumlah maupun kualitasnya. Sperma yang bagus ini akan sangat membantu jika seorang pria ingin memiliki anak.

Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas sperma ialah melalui konsumsi makanan yang tepat. Beberapa nutrisi di dalam makanan disebut pakar kesehatan bagus untuk meningkatkan jumlah sekaligus motilitas (keaktifan bergerak) sperma.

Berikut 7 makanan alami yang bikin sperma tokcer dan lincah:

1. Daging sapi

Daging sapi adalah sumber zinc, selenium, vitamin B12, DAN karnitin yang penting untuk meningkatkan jumlah sperma dan keaktifannya. Hal ini didasari pada berbagai hasil penelitian terkait.

Pada zinc, misalnya, ternyata bisa meningkatkan berbagai aspek kesuburan pada pria, termasuk jumlah, bentuk, dan motilitasnya. Jadi tak ada salahnya jika pria rutin makan steak daging sapi setiap minggu!

2. Hati ayam dan sapi

7 Makanan Alami yang Bikin Sperma Tokcer dan Lincah7 Makanan Alami yang Bikin Sperma Tokcer dan Lincah Foto: Getty Images/iStockphoto/DjordjeDjurdjevic

Hati ayam maupun sapi kaya nutrisi. Pria bisa mendapat asupan vitamin A, B12, folat, dan Co Q10 dari konsumsi makanan hewani ini. Vitamin A pada hati penting untuk proses pengembangan sperma.

Kemudian Co Q10 bisa memperbaiki konsentrasi, jumlah, sekaligus motilitas sperma. Disusul dengan vitamin B, B12, folat, dan protein pada hati yang menjadikannya bagus untuk meningkatkan jumlah sperma pada pria.

3. Salmon atau sarden

Makanan alami lain yang bikin sperma tokcer dan lincah adalah yang mengandung omega 3. Pria bisa mendapatkannya dari konsumsi salmon atau sarden. Sebab omega 3 punya peranan penting dalam struktur dan pembentukan sel sperma.

Selain itu, salmon dan sarden juga disarankan dikonsumsi karena mengandung vitamin B12 yang mampu meningkatkan jumlah dan motilitas sperma. Salmon dan sarden bisa diolah dengan cara yang lebih sehat seperti dipanggang dan dikonsumsi dengan berbagi sayuran.

4. Tomat

7 Makanan Alami yang Bikin Sperma Tokcer dan Lincah7 Makanan Alami yang Bikin Sperma Tokcer dan Lincah Foto: Getty Images/iStockphoto/DjordjeDjurdjevic

Siapa sangka kalau tomat juga termasuk makanan yang bikin sperma sehat? Tomat mengandung banyak likopen yang membuat warnanya merah. Likopen juga ternyata bersifat sebagai antioksidan ampuh yang memiliki banyak manfaat untuk kesuburan pria.

Sebuah penelitian menemukan konsumsi 4 mg likopen (setara dengan satu buah tomat ukuran sedang) setiap hari, bisa meningkatkan jumlah sperma pria rata-rata 22 juta/ml, motilitas sperma hingga 25%, dan morfologi sperma sampai 10%.

Intip halaman selanjutnya untuk tahu makanan alami lain yang bikin sperma tokcer dan lincah.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT