ADVERTISEMENT

Benarkah Kopi Menyebabkan Dehidrasi? Ini Penjelasannya

Devi Setya - detikFood
Senin, 13 Des 2021 05:00 WIB
Minum kopi sebelum olahraga, apakah aman? berikut penjelasan dari ahli.
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kopi sering dinikmati sebagai minuman untuk meningkatkan energi dan stamina. Tapi banyak juga yang bertanya, apakah kopi menyebabkan dehidrasi?

Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup setiap hari. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk minum 8 gelas air setiap hari. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, berbagai aktivitas pun bisa dilakukan dengan optimal.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) cairan dalam tubuh berperan penting untuk mengatur suhu tubuh, mood, dan fokus seseorang. Dan menurut Sleep Foundation, terhidrasi dengan baik dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Jenis Minuman Kopi Favorit Bisa Mencerminkan KepribadianBenarkah Kopi Menyebabkan Dehidrasi? Ini Penjelasannya Foto: Getty Images/Pinkybird

Dilansir dari Everyday Health (12/12) seorang wanita dewasa membutuhkan sekitar 2,7 liter cairan per hari dan pria membutuhkan sekitar 3,7 liter cairan per hari. Sekitar 20 persen cairan bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Beberapa minuman bisa dikategorikan air yang mampu membantu menghidrasi tubuh. Tetapi banyak anggapan kalau minum kopi justru menyebabkan dehidrasi. Padahal kalau dilihat bentuknya, kopi juga termasuk jenis cairan.

Kopi adalah minuman paling populer ketiga di dunia setelah air mineral dan teh. Tetapi karena kafein dalam kopi memiliki sifat diuretik maka kopi tidak dianggap sebagai minuman yang bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Sifat diuretik kopi justru membuat tubuh ingin selalu buang air kecil.

Karena kafein dalam kopi memiliki efek diuretik, banyak yang percaya bahwa kopi justru menyebabkan dehidrasi. Padahal sebenarnya tidak demikian.

Cara menghindari dehidrasiBenarkah Kopi Menyebabkan Dehidrasi? Ini Penjelasannya Foto: iStock

Meskipun kopi menyebabkan orang ingin buang air kecil tetapi sebenarnya jumlah air yang terbuang tidaklah sebanyak yang dikonsumsi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada September 2015 dalam Journal of Science and Medicine in Sport menemukan bahwa asupan rata-rata sekitar 300 miligram kafein setiap hari membuat 15 persen cairan hilang. Dengan demikian, jika kamu menikmati segelas kopi maka disarankan untuk minum air putih lebih banyak.

Meskipun tidak terbukti menyebabkan dehidrasi, tetapi jika kamu penggemar berat kopi, sebaiknya lebih banyak minum air mineral usai menikmati kopi. Kopi, terutama jenis kopi hitam yang dinikmati original juga memiliki segudang khasiat kesehatan.

Kopi terbukti menurunkan risiko stroke, penyakit jantung bahkan beberapa penyakit kardiovaskular lainnya. Namun untuk mendapatkan khasiat ini sekaligus menjamin asupan air untuk tubuh tetap terpenuhi, perbanyak konsumsi air mineral usai minum kopi.



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT