5 Tips Diet Sehat dan Aman Bagi Penderita PCOS

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 09 Des 2021 06:00 WIB
Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body. Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay

2. Konsumsi Protein Tanpa Lemak

Para ahli kesehatan dan ahli gizi mengungkapkan bahwa protein menjadi penolong pertama untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Protein juga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih cepat setelah mengonsumsinya.

Protein dinilai sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara menekan rasa lapar, membakar kalori hingga mengendalikan hormon rasa lapar. Tetapi bagi penderita PCOS perlu diperhatikan bahwa asupan protein yang diperbolehkan adalah protein tanpa lemak.

Meningkatkan asupan protein untuk membantu menurunkan serta mengendalikan berat badan sangat disarankan bagi penderita PCOS. Sumber protein yang paling disarankan untuk penderita PCOS misalnya seperti telur, kacang almond hingga seafood yang harus ditambahkan dalam menu makan harian.

3. Perbanyak Makanan Antioksidan

Foto: iStock

Seperti yang banyak diketahui, antioksidan merupakan komponen yang sangat baik manfaatnya untuk tubuh. Beragam manfaat kesehatan bisa didapatkan melalui konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan antioksidannya.

Mulai dari menjaga kekebalan imunitas hingga menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular. Tidak hanya untuk penderita PCOs, antioksidan juga menjadi komponen yang paling penting untuk ditambahkan dalam menu makan setiap hari pada semua orang.

Makanan yang kaya akan kandungan antioksidan juga dikatakan mampu untuk mengurangi inflamasi dan mengendalikan kadar insulin. Makanan yang disarankan bagi penderita PCOS misalnya buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan hingga gandum utuh.

Baca juga: 5 Kesalahan Meracik yang Bikin Teh Jadi Minuman Tak Sehat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com