Tak Mau Gendut? Kenali 5 Kebiasaan Sarapan yang Harus Dihindari

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 06 Des 2021 06:00 WIB
Kebiasaan Sarapan yang Bisa Picu Kenaikan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Sarapan memang penting dilakukan setiap paginya. Namun ada beberapa kebiasaan sarapan yang harus dihindari kalau ingin berat badan cepat turun.

Diet biasa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun tak perlu melewatkan sarapan karena waktu makan ini sangat penting untuk tubuh. Tentu saja sarapan yang dimaksud adalah sarapan sehat dengan makanan bergizi.

Dilansir dari Eat This (3/12), ada beberapa kebiasaan sarapan yang patut dihindari kalau ingin diet cepat berhasil. Seperti mengonsumsi sereal, hanya minum jus atau kopi, dan lainnya.

Berikut 5 kebiasaan sarapan yang bikin berat badan sulit turun:

1. Hanya Minum Kopi

Kebiasaan Sarapan yang Bisa Picu Kenaikan Berat BadanKebiasaan Sarapan yang Bisa Picu Kenaikan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto

Kopi diketahui sebagai minuman sehat yang juga membantu proses diet. Karena kopi mengandung zat antioksidan tinggi yang dapat mempercepat proses metabolisme tubuh.

Biasanya kopi dikonsumsi saat sarapan. Namun, kalau ingin berat badan cepat turun jangan hanya mengonsumsi kopi saja untuk sarapan. Sebaiknya diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, serat dan zat antioksidan tinggi lainnya.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Legendaris di Depok, Ada Nasi Uduk Sejak 1952!

2. Sering Konsumsi Sereal Kemasan

Saat sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya menghindari konsumsi sereal kemasan. Walaupun rasanya enak, namun sereal kemasan mengandung gula yang tinggi.

Menurut Nick Fuller selaku ahli diet, sereal juga tak banyak mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Kandungan seratnya juga sedikit dan membuat rasa lapar lebih cepat datang.

3. Hanya Minum Jus

Kebiasaan Sarapan yang Bisa Picu Kenaikan Berat BadanKebiasaan Sarapan yang Bisa Picu Kenaikan Berat Badan Foto: Getty Images/iStockphoto

Jus juga termasuk minuman yang menyehatkan untuk dikonsumsi saat sarapan. Seperti jus sayuran atau buah-buahan yang segar. Karena bahan utamanya segar dan mengandung sejumlah nutrisi, seperti serat.

Walaupun begitu, tak baik hanya mengonsumsi jus saja saat sarapan. Karena kalori yang masuk hanya berupa cairan, berbeda dengan mengonsumsi sayuran atau buah-buahan utuh yang lebih menyehatkan.

"Saat kamu mengonsumsi jus, itu tidak akan memberikan efek yang sama dibandingkan saat mengonsumsi makanan utuh," ujar Fuller, selaku ahli diet.

Baca Juga: Kikugawa, Restoran Jepang Tertua di Indonesia yang Dibuka 52 Tahun Lalu

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com