Apakah Sushi Termasuk Makanan Menyehatkan? Ini Kata Ahli Gizi

ADVERTISEMENT

Apakah Sushi Termasuk Makanan Menyehatkan? Ini Kata Ahli Gizi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 03 Des 2021 14:30 WIB
Konsumsi Sushi Menyehatkan, Apakah Benar?
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Sushi menjadi makanan favorit banyak orang. Terbuat dari nasi yang dicampur cuka dan topping seafood segar, banyakmenganggap sushi menyehatkan. Apakah benar?

Sushi merupakan makanan khas Jepang berupa sajian nasi. Tak hanya nasi putih biasa, tapi diracik dengan bumbu campuran cuka. Untuk sushi nigiri, biasanya nasi diberikan topping seafood segar, seperti salmon, tuna, udang, dan lainnya.

Berbeda dengan sushi roll atau norimaki, terbuat dari nasi yang digulung menggunakan rumput laut kering (nori) dengan isian seafood dan campuran lain. Banyak orang menganggap kalau sushi adalah makanan sehat. Karena, bahan makanan yang digunakan segar dan bernutrisi tinggi.

Baca Juga: Enaknya Melegenda! 5 Tempat Makan Bakso di Jakarta Ini Berusia Lebih dari 30 Tahun

Lantas, apakah benar makan sushi itu menyehatkan tubuh? Dilansir dari Men's Health (30/11), sushi merupakan kombinasi makanan yang terdiri dari makronutrisi (protein, karbohidrat, dan lemak) serta mikronutrisi (vitamin dan mineral).

Konsumsi Sushi Menyehatkan, Apakah Benar?Konsumsi Sushi Menyehatkan, Apakah Benar? Foto: Getty Images/iStockphoto

"Mengonsumsi sushi sangat baik kalau campurannya terdiri dari lemak sehat, protein berkualitas tinggi, selenim, dan nutrisi penting lainnya," kata Lauren Manaker seorang ahli diet dan nutrisi.

Salmon dan makarel sering dijadikan topping nigiri sushi. Kedua ikan laut ini mengandung asam lemak omega-3 tinggi. Menurut National Institutes of Health, setidaknya mengonsumsi 1,6 gram asam lemak omega 3 dapat membantu kesehatan sel dan mengurasi risiko penyakit kronis, seperti jantung dan kanker.

Manaker juga menjelaskan kalau sushi banyak menggunakan rumput laut kering (nori) yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. "Ditambah beberapa jenis sushi terbuat dari nori, rumput laut yang merupakan sumber yodium alami," ujarnya.

Baca Juga: 5 Toko Roti Legendaris Ini Masih Eksis, Ada yang Berusia Lebih dari 100 Tahun!

Konsumsi Sushi Menyehatkan, Apakah Benar?Konsumsi Sushi Menyehatkan, Apakah Benar? Foto: Getty Images/iStockphoto

Sushi juga mengandung karbohidrat yang tinggi karena memang terbuat dari nasi. Namun, Manaker mengatakan kalau tak perlu khawatir. Karena nasi yang dikonsumsi bersama protein berkualitas tinggi dan lemak sehat seperti topping sushi baik untuk kesehatan.

"Nasi putih selama ini memiliki reputasi buruk, tapi sebenarnya bisa menjadi bagian yang sehat dari diet secara keseluruhan," jelas Manaker.

"Beras adalah sumber karbohidrat yang memberikan asupan energi. Tergantung pada beras yang digunakan, karena beras juga dapat diperkaya dengan nutrisi penting seperti asam folat dan vitamin B atau lainnnya," lanjutnya.

Jadi, secara keseluruhan sushi memang menyehatkan untuk tubuh. Karena makanan berukuran mungil itu mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan. Seperti protein, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral.

Perlu dicatat sushi yang menyehatkan menurut ahli gizi adalah sushi tradisional yang tak memakai topping atau isian mayones. Juga bukan sushi fusion atau modern yang digoreng atau ditaburi kremesan dan topping keju leleh.

Baca Juga: 10 Potret Penjual Pancake Cantik yang Viral karena Tak Pakai Bra



Simak Video "Murah Meriah! Makan Sushi di Mal Mulai Rp 10 Ribu per Piring"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT