ADVERTISEMENT

Lagi Diet? 7 Trik Minum Kopi Ini Bikin Kamu Cepat Langsing

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 25 Nov 2021 05:00 WIB
Kopi untuk Diet, Benarkah Aman dan Efektif Turunkan Berat Badan?
Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexRaths

3. Ganti Penggunaan Krimer

Masih banyak yang menganggap penggunaan krimer untuk kopi tak membahayakan. Kenyataannya, krimer mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Pada satu sendok makan krimer bisa mengandung hingga 30 kalori atau setara dengan 2 gram lemak jenuh.

Menurut US National Library of Medicine, konsumsi krimer ini bisa memicu gangguan kesehatan termasuk lonjakan berat badan. Kasey Hademan, selaku ahli gizi, menyarankan untuk membatasi penggunaan krimer atau menggunakan susu yang kalorinya hanya 10 kkal per sendok makan.

4. Nikmati dengan Madu

Kopi untuk Diet, Benarkah Aman dan Efektif Turunkan Berat Badan?Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexRaths

Jika ingin kopi manis, coba gunakan alternatif pemanis yang lebih alami dan sehat. Dibandingkan gula, coba tambahkan madu ke dalam secangkir kopi untuk tetap membuatnya manis. Trik ini juga dinilai ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Adriana Sobel, selaku ahli gizi klinis di Montefiore Medical Center, mengatakan dirinya lebih menyukai pemanis alami karena gula yang terkandung di dalamnya terbuat secara natural dan punya manfaat yang baik. Walaupun disarankan menambahkan madu atau sirup maple, tetapi penambahan pemanis alami juga perlu diperhatikan agar tidak menyebabkan lonjakan berat badan. Jangan sampai berlebihan.

5. Olesi Kulit Jeruk

Kopi dapat terasa lebih nikmat walaupun tanpa pemanis. Trik ini biasa dilakukan oleh Sobel. Menurutnya, cara ini bisa membantu kopi mengeluarkan rasanya dengan lebih maksimal sehingga tanpa pemanis sekalipun kelezatan kopi akan terasa kuat.

Caranya adalah dengan menggosokkan kulit jeruk pada bibir cangkir kopi untuk menambahkan aroma yang membantu rasa asli kopi bisa terasa dengan sempurna. Bahkan beberapa kafe di Arizona, Amerika Serikat sudah sejak lama menawarkan campuran jus jeruk dengan espresso dan begitu disukai pelanggan.

Simak video 'Kopi Wanoja dari Kamojang Bandung yang Kini Mendunia':

[Gambas:Video 20detik]



Baca juga: Minuman Teh Kemasan Berpotensi Haram, Ini Penjelasannya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT