Rutin Minum Teh Lemon dan Rasakan 7 Manfaat Sehatnya

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 16 Nov 2021 06:00 WIB
Rutin Minum Teh Lemon dan Rasakan 7 Manfaat Sehatnya Foto: Getty Images/iStockphoto/Thanmano
Jakarta -

Teh hitam punya kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan jika ditambahkan dengan irisan lemon, kamu bisa dapatkan tujuh manfaat sehat berikut.

Teh hitam merupakan jenis teh yang berasal dari fermentasi daun Camellia sinensis yang mengandung berbagai jenis antioksidan dalam kadar yang sangat tinggi. Sementara lemon dikenal manfaatnya sebagai penyedia vitamin C untuk kesehatan tubuh.

Racikan teh dan lemon juga diketahui sebagai kombinasi dua bahan yang amat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terlebih jika menggunakan jenis teh hitam dikatakan tak kalah baik dengan racikan teh dan lemon yang menggunakan jenis teh hijau.

Walaupun lebih murah dan mudah didapatkan, ternyata manfaat teh hitam cukup mampu menyeimbangi efek kesehatan yang bisa didapatkan dari teh hijau. Mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, folat, theaflavin, katekin, kalsium dan berbagai nutrisi lainnya ada manfaat ajaib yang bisa didapatkan melalui konsumsi teh hitam campur lemon.

Berikut ini 7 manfaat teh hitam campur lemon menurut drhealthbenefits:

Rutin Minum Teh Lemon dan Rasakan 7 Manfaat SehatnyaRutin Minum Teh Lemon dan Rasakan 7 Manfaat Sehatnya Foto: Getty Images/iStockphoto/Thanmano

1. Meredakan Batuk

Batuk bisa menjadi tanda adanya inflamasi pada tenggorokan maupun gangguan pada saluran pernapasan. Konsumsi secangkir teh hitam campur lemon yang hangat dikatakan solusi yang sangat baik untuk mengatasi batuk yang gatal dan cukup menyiksa.

Konsumsi teh hitam hangat yang dicampurkan dengan perasan air lemon juga dikatakan mampu mengencerkan dahak yang membuat batuk semakin parah. Konsumsi teh hitam dengan tambahan air lemon saat batuk dinilai akan sangat membantu menyembuhkan batuk dengan cepat dan mempercepat pemulihan setelah batuk yang cukup berat dan mengganggu.

2. Melegakan Tenggorokan

Antioksidan yang ada di dalam teh hitam dan kandungan vitamin C yang ada pada air perasan lemon memiliki manfaat antiinflamasi yang begitu kuat. Racikan campuran antara teh hitam dan lemon ini sangat baik untuk mengatasi inflamasi pada tenggorokan yang ditandai dengan rasa sakit pada tenggorokan.

Konsumsi racikan teh hitam yang dicampur dengan perasan air lemon dikatakan sangat efektif untuk meredakan inflamasi dan rasa sakit pada tenggorokan. Terutama jika diminum selagi hangat, racikan ini sangat direkomendasikan oleh para ahli untuk dinikmati saat merasa tenggorokan mulai sakit.

Baca juga: Benarkah Minum Kopi Campur Lemon Bikin Berat Badan Cepat Turun?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com