Benarkah Minum Kopi Campur Lemon Bikin Berat Badan Cepat Turun?

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 26 Sep 2021 05:00 WIB
Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copy space for your text. coffee bag and with sliced Foto: iStock
Jakarta -

Berbagai cara dilakukan seseorang supaya lebih ramping. Campuran kopi dan lemon ini disebut berkhasiat untuk bantu berat badan turun lebih cepat. Benarkah hal ini?

Kopi lebih dikenal sebagai minuman pembangkit energi di pagi hari. Lonjakan energi instan yang bisa dihasilkan dari minum kopi melalui kandungan kafeinnya, membuat minuman ini digemari.

Ternyata tak hanya membantu produksi energi secara instan, kopi juga memiliki banyak khasiat lainnya untuk tubuh. Mulai dari efeknya membantu meningkatkan fokus, kandungan antioksidannya yang berperan sebagai antiinflamasi, hingga racikan kopi dengan beberapa bahan tertentu yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Bahkan ada sebuah racikan kopi rendah kalori yang dianggap dapat meningkatkan nutrisi kopi hingga membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Adalah buah lemon yang dianggap sebagai kunci utama untuk membantu menurunkan berat badan jika dicampurkan dengan kopi.

kopi lemonFoto: istimewa

Mengutip Healthline (31/3), kandungan kafein pada kopi mampu merangsang sistem saraf pusat sehingga meningkatkan fokus. Sementara di dalam buah lemon terkandung vitamin C dan antioksidan yang sudah lama diandalkan sebagai obat.

Campuran kopi dan buah lemon ini dikatakan dapat memberikan khasiat yang lebih manjur untuk kesehatan termasuk salah satunya membantu diet agar hasilnya lebih efektif. Sayangnya banyak orang meragukan kenikmatan rasa kopi campur lemon yang sebenarnya punya khasiat yang sangat baik terkandung di dalamnya.

Cara membuat kopi ini juga cukup mudah untuk dipraktikkan di rumah. Cukup campurkan 240 mililiter kopi hitam dengan air perasan satu buah lemon. Kemudian langsung minum campuran ini hingga habis dan bila ingin lebih nikmat juga bisa ditambahkan es batu.

Campuran kopi dan lemon ini seringkali disebut sebagai racikan ampuh untuk menurunkan berat badan. Walaupun sebenarnya khasiat tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah melalui penelitian yang dilakukan ahli.

Baca juga: 5 Menu Diet Singset ala Ivan Gunawan yang Bikin Dirinya Turun 21 Kg!

Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copy space for your text. coffee bag and with sliced Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copy space for your text. coffee bag and with sliced "u200b"u200blemons on wooden table. Black coffee beans. Foto: iStock

Campuran kopi dan lemon ini dikatakan dapat menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang sangat rendah dan kopi memiliki manfaat untuk membantu membakar lemak di dalam tubuh melalui energi yang dihasilkan. Tetapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kafein dapat menstimulasi brown adipose tissue (BAT) yang merupakan sejenis jaringan lemak aktif yang menurun seiring bertambahnya usia.

Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa kafein dari 1 cangkir kopi atau setara dengan 240 mililiter dapat meningkatkan aktivitas BAT yang mengarah pada penurunan berat badan.

Hasil serupa ternyata juga pernah dibuktikan pada penelitian di tahun 1980-an dan 1990-an yang menjelaskan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme yang memaksimalkan pembakaran kalori hingga 8-11%. Persentase tersebut disamakan oleh ahli dengan nilai kalori sebanyak 79 hingga 150 kalori yang dapat terbakar di dalam tubuh. Namun konon, efek penurunan berat badan potensial mungkin karena kafein dalam kopi, bukan karena campuran kopi dengan lemon.

Kesimpulannya, minum kopi campur lemon bisa bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung antioksidan. Namun, tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa minum kopi campur lemon menyebabkan lemak mencair atau menurunkan berat badan dengan cepat.

Bagi kamu yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif, sebaiknya juga tidak minum kopi campur lemon. Ada baiknya mengonsultasikan dengan dokter atau pakar lebih dulu sebelum mencoba minuman ini.

Baca juga: Kopi Campur Lemon, Minuman Sensasional yang Kaya Khasiat



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com