Diet Kentang Efektif untuk Turunkan Berat Badan, Ini Aturannya

Sonia Basoni - detikFood Senin, 15 Nov 2021 07:00 WIB
Mashed Potato Lebih Enak dengan Tambahkan 5 Pilihan Bahan Ini Foto: iStock
Jakarta -

Kentang sering jadi pilihan sehat saat sedang berdiet. Kini populer diet kentang untuk turunkan berat badan. Orang hanya perlu makan kentang rebus saja. Ini aturannya.

Seribu macam metode diet atau penurunan berat badan datang silih berganti. Semuanya bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kesehatan masing-masing. Kebanyakan metode diet menggunakan sayuran atau makanan sehat lainnya, untuk menunjang nutrisi dan asupan.

Kentang jadi salah satu pilihan saat diet, karena rendah karbohidrat. Dalam 100 gram kentang rebus, mengandung 88 kalori dan 20 gram karbohidrat.

Sementara jika dibandingkan dengan 100 gram kalori nasi putih yang sudah matang, kalorinya175 kalori dan 28 gram karbohidrat. Begitu juga dengan kalori mie yang sudah matang. Per 100 gram mie telur matang sekitar 237 kalori dan 43 karbohidrat.


Jika dibandingkan ketiganya bisa terlihat jelas bahwa kentang yang merupakan sumber karbohidrat memiliki kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan nasi putih atau mie. Karena itu muncul tren potato diet atau diet mengonsumsi kentang mulai dilirik banyak orang untuk menurunkan berat badan.

Menurut banyak orang yang sudah mencoba diet kentang ini, mereka mengaku bisa turun hingga 1 kg lebih dalam waktu 4-5 hari dengan hanya mengonsumsi kentang rebus atau kukus saja.

Dilansir dari Healthline (14/11) dan beberapa sumber lainnya. Ada beberapa aturan dan pantangan, agar diet kentang ini efektif untuk turunkan berat badan.

Baca Juga: Kalau Rutin Sarapan Telur, Bisa Rasakan 7 Manfaat Sehat Ini

1. Diet Kentang Turunkan Badan Alami

Cara Bikin Mashed Potato Sederhana yang Lembut CreamyCara Bikin Mashed Potato Sederhana yang Lembut Creamy Foto: iStock

Menurut situs Healthline, nutrisi yang terkandung dalam kentang ini cukup efektif dalam proses penurunan berat badan. Rata-rata orang bisa menurunkan berat badan hingga 1 kg dalam waktu beberapa hari, jika mereka hanya mengonsumsi kentang saja tanpa saus atau bumbu lainnya.

Diketahui sebelumnya dalam 100 gram kentang berukuran sedang terdapat 1,9 protein, 1,8 gram serat pangan, 0,3 miligram zinc, 13 gram vitamin C dan tambahan folat, vitamin B, vitamin K, sampai magnesium.

Tak heran kentang sendiri merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh dan jadi metode diet yang populer di masa lampau.

Jika menilik sejarahnya, diet kentang sebenarnya sudah ada sejak tahun 1849 namun kembali ngetren di tahun 2016 lalu lewat buku 'Potato Hack: Weight Loss Simplified'.

Di dalam buku diet karangan Tim Steele tersebut, dijelaskan bahwa diet kentang ini merupakan pil diet atau obat diet alami yang paling ampuh.

2. Konsep Diet Kentang

Raw PotatoRaw Potato Foto: iStock

Masih dalam buku yang sama, diet kentang disebut dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, meningkatkan kualitas kesehatan saluran pencernaan, ditambah dengan kandungan berbagai nutrisinya yang membuat tubuh tetap segar bugar meski sedang diet.

Konsep diet ini sederhana, dalam waktu 4-5 hari, orang-orang hanya boleh menyantap kentang rebus saja tanpa bumbu atau cocolan sambal. Tapi banyak orang yang mengambil jalan pintas, dan menggunakan konsep diet kentang ini ke tahap yang lebih ekstrem.

Misalnya salah satu penulis buku diet Penn Jillete, mengaku turun berat badannya hingga 45 kg, hanya dengan makan kentang saja. Jillete hanya memakan kentang rebus selama dua minggu pertama, ia berhasil menurunkan 8 kg bobotnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com