Kalau Rutin Sarapan Telur, Bisa Rasakan 7 Manfaat Sehat Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 03 Sep 2021 06:00 WIB
makan telur setiap hari, apakah aman untuk kesehatan? Foto: istock
Jakarta -

Telur banyak menyimpan nutrisi penting bagi kesehatan. Kalau rutin sarapan telur secara kamu akan dapat 7 manfaat sehatnya.

Telur adalah makanan yang mudah ditemui dan harganya relatif murah. Cara mengolah telur juga mudah dan praktis. Seperti telur dadar, telur rebus, dan lainnya.

Selain rasanya yang enak, telur juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Eat This (15/4), telur dapat meningkatkan kesehatan mata hingga melawan inflamasi. Jadi, tak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya.

Berikut 7 manfaat konsumsi telur secara rutin untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Resep Telur Gulung Koreatelur Foto: iStock

Telur memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh, salah satunya dapat meningkatkan fungsi otak secara signifikan. Di dalam telur mengandung protein, vitamin B-12, iron, hingga kolin.

Amy Goodson seorang ahli nutrisi mengatakan kalau kandungan kolin sangat baik untuk kesehatan otak. "Kandungan nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan otak dan dapat membantu perkuat daya ingat dan fungsi kognisi," ujarnya.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Porsinya Beda Kalau Dibungkus, Ada Nasi Padang hingga Kentang Goreng

2. Membentuk Massa Otot

Massa otot dapat terbentuk dengan berolahraga secara rutin. Proses pembentukkan massa otot ini bisa dibantu dengan mengonsumsi telur secara rutin. Ini karena telur mengandung protein yang tinggi.

Selain fungsinya yang dapat membentuk massa otot, rutin mengonsumsi telur juga dapat mempercepat metabolisme. Sehingga dapat menurunkan berat badan, seperti yang disebutkan dalam sebuah penelitian oleh International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism.

3. Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamilIbu hamil Foto: iStock

Dalam masa kehamilan, seorang ibu harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Salah satunya dapat mengonsumsi telur secara rutin karena kandungan nutrisinya yang beragam.

Kandungan kolin pada telur dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi yang masih dalam kandungan. Jenna Gorham seorang ahli diet juga menjelaskan kandungan zat besi pada telur juga sangat penting untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga: 8 Istilah Makanan Olahan Babi, Perlu Dipahami Muslim!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Gulung Korea Tebal dan Empuk"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com