5 Manfaat Sehat Kopi, Cegah Kanker hingga Bantu Turunkan Berat Badan

ADVERTISEMENT

5 Manfaat Sehat Kopi, Cegah Kanker hingga Bantu Turunkan Berat Badan

Devi Setya - detikFood
Kamis, 11 Nov 2021 05:00 WIB
Apakah Minum Kopi termasuk Sunnah Nabi Muhammad SAW?
Foto: iStock

4. Melancarkan metabolisme dan bikin langsing

Kopi membantu meningkatkan metabolisme, secara tidak langsung juga kopi berpotensi membuat tubuh jadi langsing. Tak heran kalau banyak pelaku diet yang sengaja mengonsumsi kopi untuk mendapatkan efek positifnya dalam mengurangi lemak dalam tubuh.

"Kopi tidak hanya membantu membakar lemak dalam tubuh, tetapi sebagai diuretik, membuat pencernaan lebih lancar," kata Megan Roosevelt, ahli gizi diet HealthyGroceryGirl.com. Penelitian menunjukkan bahwa satu cangkir kopi dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

Perlu Tahu! 7  Nama Menu Kopi Populer Agar Tak Grogi saat Pesan di KafePerlu Tahu! 7 Nama Menu Kopi Populer Agar Tak Grogi saat Pesan di Kafe Foto: iStock

5. Takaran minum kopi

Meskipun kaya manfaat tetapi perlu dipertimbangkan juga bahwa kopi berpotensi mengganggu kesehatan lambung bagi orang yang memiliki lambung sensitif. Kopi juga memberikan dampak berbeda pada setiap orang. Misalnya mengalami sulit tidur dan menyebabkan rasa mulas. Jadi atur porsi kopi sesuai dengan kondisi tubuh.

Banyak ahli gizi menyarankan batas maksimal konsumsi kopi adalah sebanyak 3-5 cangkir perhari. Namun untuk orang dengan kondisi tubuh sensitif, cukup konsumsi 1-2 cangkir kopi setiap hari. Usahakan juga untuk menikmati kopi hitam original tanpa tambahan gula ataupun bahan lain agar khasiat sehatnya bisa semakin terasa maksimal.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT