Bikin Cepat Tua, Minuman Ini Sebaiknya Jangan Sering Dikonsumsi

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 10 Nov 2021 08:00 WIB
Drink Can Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya gaya hidup, pola makan juga mempengaruhi orang untuk awet muda atau lebih cepat tua. Seperti minuman ini yang bisa memicu penuaan dini.

Hampir semua orang mengidamkan penampilan hingga kulit wajah awet muda yang bertahan selamanya. Banyak suplemen hingga produk perawatan tubuh dan wajah, yang digunakan untuk mencegah penuaan dini.

Tapi ternyata penuaan dini bisa juga dipicu karena minuman yang tidak sehat. Dilansir dari Eat This Not That (03/11), minuman yang mengandung gula tinggi, ternyata masuk ke dalam jenis minuman yang wajib dihindari untuk mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Ini 9 Makanan Terpercaya Sebagai Anti Penuaan Dini Terbaik

Hal ini berdasarkan data yang diterbitkan dalam jurnal American of Public Health pada tahun 2014 lalu. Di sana disebutkan bahwa para peneliti dari University of California San Francisco (USCF), meneliti data 5,309 orang dewasa di Amerika. Dengan rentan usia dari 20-65 tahun, yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Peneliti menemukan, bahwa orang yang sering minum minuman mengandung gula tinggi, atau pemanis buatan memiliki telomer yang lebih rendah. Telomer merupakan bagian dari DNA di ujung kromosom, yang letaknya berada di antara sel darah putih.

Drink CanDrink Can Foto: iStock

Pendeknya telomer ini berkali-kali dikaitkan dengan menurunnya harapan panjang umur, sampai meningkatkan risiko terserang penyakit kronis.

"Konsumsi minuman manis seperti soda secara regular, tentunya bisa menimbulkan beberapa penyakit. Tak hanya menekan kontrol metabolismen tubuh terhadap gula, tetapi juga menekan percepatan penuaan sel jaringan," ungkap Elissa Epel, selaku profesor sekaligus keteua penelitian tersebut.

Menurut Epel, penelitian ini merupakan demonstrasi pertama bahwa soda berkaitan dengan pendeknya telomer.

"Temuan ini dilakukan tanpa memandang usia, ras, pendapatan sampai tingkat pendidikan. Pendeknya telomer dimulai jauh sebelum timbulnya penyakit," sambung Epel.

Ia menjelaskan bahwa penelitian ini baru dilakukan ke orang dewasa. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut yang meneliti, apakah efek sama juga terjadi pada anak-anak.

Drink CanDrink Can Foto: iStock

Meski begitu Epel dan timnya menjelaskan bahwa penelitian ini bersifat asosiasi. Belum diketahui penyebab pastinya, meskipun efek jangka panjang dari konsumsi minuman bersoda sudah tampak terlihat.

"Untuk konsumsi sehari-hari misalnya. Standardnya orang minum 20 ons untuk soda manis, nah ini sama saja seperti menambahkan 4,6 tahun lebih cepat untuk proses penuaan," ungkap Epel, yang menjelaskan isi penelitiannya. Telomere yang pendek juga sering dikaitkan dengan kebiasaan merokok.

Penelitian tentang penuaan dini dan konsumsi minuman soda atau minuman manis lainnya bukan pertama kalinya dilakukan. Sebelumnya ada penelitian dari Current Nutrition Reports, yang menemukan bahwa konsumsi minuman manis seperti soda juga berkaitan pada proses penuaan dini.

Para ahli kesehatan juga menyarankan agar orang-orang mengurangi konsumsi minuman manis terutama minuman bersoda. Untuk menjaga kesehatan tubuh, sekaligus membuat wajah dan penampilan tampak lebih awet muda.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bikin Awet Muda Sekaligus Tingkatkan Imunitas



Simak Video "Siapa Sangka, di SPBU Ini Nyempil Soto Banjar yang Gurih!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com