5 Makanan Ini Bikin Awet Muda Sekaligus Tingkatkan Imunitas

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 17 Agu 2021 05:00 WIB
menyimpan telur Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kandungan antiinflamasi dalam makanan mampu membantu tubuh melawan radikal bebas serta virus yang menyerang. Lima makanan ini juga bikin awet muda karena mampu cegah penuaan dini.

Setiap makanan memiliki kandungan dan manfaatnya masing-masing. Salah satunya kandungan antiinflamasi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas, virus, dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Radikal bebas, virus dan bakteri ini sangat memengaruhi kesehatan secara menyeluruh, kekuatan imunitas hingga keremajaan tubuh. Konsumsi makanan tinggi antiinflamasi ini dinilai dapat membantu meningkatkan imunitas saat pandemi Covid-19 hingga mencegah penuaan dini.

Menurut Sadanand Fulzeledan Carlos Isales selaku peneliti di Medical College of Georgia, Augusta University juga mengatakan bahwa diet rendah triptofan atau komponen antiinflamasi dapat memengaruhi keseimbangan bakteri baik dalam usus dan mengganggu kekuatan imunitas. Para ahli juga menyarankan untuk meningkatkan beberapa bahan makanan tinggi antiinflamasi yang mudah didapatkan.

Berikut ini 5 makanan yang bikin awet muda dan bersifat antiinflamasi menurut Eat This, Not That (15/8):

Susu AnakFoto: iStock

1. Susu

Susu dikenal sebagai sumber kalsium yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan dan juga untuk menguatkan tulang. Selain kalsiumnya yang tinggi, susu juga mengandung triptofan yang dikatakan sangat baik.

Menurut laporan pada Web MD susu sapi murni tanpa campuran mengandung kadar triptofan yang sangat tinggi. Kadar triptofan ini yang bertindak sebagai antiinflamasi ketika dicerna di dalam tubuh.

Sumber lainnya yang berasal dari produk olahan susu seperti yogurt rendah gula juga dikatakan sebagai sumber triptofan lain yang baik. Konsumsi susu secara rutin diakui oleh para ahli sangat baik untuk membantu meredakan inflamasi hingga mencegah penuaan dini.

Baca juga: Baca juga: 5 Makanan Terbaik Untuk Jaga Imunitas dan Kurangi Inflamasi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com