ADVERTISEMENT

Jalan Kaki Usai Makan Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan

Devi Setya - detikFood
Minggu, 07 Nov 2021 05:00 WIB
Jalan Kaki Usai Makan Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

2. Mengurangi resiko sakit perut

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan dapat membantu mempercepat proses transit makanan dari lambung ke usus kecil. Semakin cepat makanan berpindah dari perut ke usus kecil, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami keluhan seperti kembung, perut ber-gas, dan refluks lambung.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa jalan kaki 30 menit setelah makan, ditambah dengan olahraga rutin, dapat meningkatkan fungsi kerja usus dan menurunkan kemungkinan sembelit.

Jalan Kaki Usai Makan Bisa Bantu Lancarkan PencernaanJalan Kaki Usai Makan Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

3. Berapa lama jalan kaki?

Meskipun terkesan mudah tapi berjalan kaki usai makan juga harus mengikuti aturan yang berlaku. Jika baru selesai makan langsung berjalan kaki justru akan menyebabkan sakit perut.

Disarankan untuk berjalan setelah memberi jeda 30-45 menit setelah makan. Cara ini bisa dilakukan setelah makan siang atau makan malam. Disarankan juga untuk berjalan dengan kecepatan sedang, tidak terlalu lambat dan tidak juga terburu-buru. Jika dilakukan secara rutin, cara ini akan membuat otot menjadi kuat.



Simak Video "Menjajal Aneka Sajian di Rumah Makan Padang Milik Arief Muhammad"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT