Minum Air Chia Seed Bisa Cepat Turunkan Berat Badan? Begini Faktanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 04 Nov 2021 06:00 WIB
Minum Air Chia Seed Bisa Cepat Turunkan Berat Badan? Begini Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/Lena_Zajchikova
Jakarta -

Tengah tren di media sosial, racikan air chia seed yang disebut efektif menurunkan berat badan jika diminum di pagi hari. Seperti apa cara membuatnya dan bagaimana efektivitasnya?

Sejak lama chia seed atau biji chia dikenal sebagai super food. Hal ini lantaran nutrisinya yang disebut-sebut sangat hebat, termasuk untuk menurunkan berat badan.

Chia seed bahkan jadi menu sehari-hari banyak pelaku diet. Biasanya chia seed dikonsumsi sebagai topping smoothie bowl, dicampurkan ke dalam jus, atau diolah sebagai puding.

Chia seed berasal dari tanaman Salvia hispanica yang banyak ditemukan di Meksiko dan Amerika Selatan. Nutrisinya meliputi air, serat, protein, karbohidrat, asam lemak omega-3, dan asam lemak omega-6.

Tak ketinggalan sejumlah vitamin dan mineral seperti vitamin A dan B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, zat besi, magnesium, dan tembaga.

Belakangan, chia seed kembali populer di media sosial. Muncul sebuah trik menurunkan berat badan dengan konsumsi air chia seed dan campuran jeruk nipis yang disebut-sebut efektif. Bagaimana faktanya?

Berikut detikfood merangkum informasi soal air chia seed:

1. Cara membuat air chia seed

Minum Air Chia Seed Bisa Cepat Turunkan Berat Badan? Begini FaktanyaMinum Air Chia Seed Bisa Cepat Turunkan Berat Badan? Begini Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/Lena_Zajchikova

Mengutip NDTV Food (1/11/21), unggahan soal air chia seed banyak dipromosikan content creator. Mereka menyebut air ini bisa mempercepat proses penurunan berat badan. Caranya dengan diminum di pagi hari, 30 menit sebelum sarapan.

Salah satu content creator yang membagikan resep air chia seed adalah akun Instagram happyandhealthyolivia. Ia menyebut ukuran chia seed akan membesar di perut dan membentuk tekstur serupa gel kental.

"Ini bermanfaat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang," tuturnya. Dengan hal ini, kondisi defisit kaloripun bakal lebih mudah didapat.

Cara membuatnya, masukkan 1 sendok makan chia seed ke dalam segelas air. Supaya lebih enak, boleh ditambahkan seiris jeruk nipis. Biarkan rendaman ini beberapa menit.

Setelah itu, minum air chia seed. Rasa kenyang yang dihadirkan disebut bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com