Jalan Kaki Usai Makan Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan

Devi Setya - detikFood Minggu, 07 Nov 2021 05:00 WIB
Jalan Kaki Usai Makan Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Aktivitas fisik yang dilakukan usai makan ternyata dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Metabolisme tubuh pun diklaim lebih lancar jika seseorang jalan kaki usai makan.

Berjalan kaki dengan cepat setelah makan diyakini dapat membantu mencerna makanan dengan lancar dan mudah. Makanan yang disantap akan lebih mudah dicerna sehingga mengurangi risiko kembung hingga sembelit.


Dilansir dari Times of India (5/11) dijelaskan bahwa setelah selesai makan, tubuh akan mulai bekerja untuk memecah dan menyerap nutrisi makanan. Sebagian besar proses pencernaan makanan terjadi di dalam usus kecil.

Tidak perlu menempuh jarak hingga belasan kilometer, kamu cukup berjalan santai sejauh beberapa kilometer. Usahakan untuk rileks dan tidak berjalan dengan tergesa-gesa apalagi berlari.

Berikut beberapa manfaat berjalan kaki usai makan:

1. Baik dilakukan bagi pengidap diabetes

Berjalan kaki usai makan bermanfaat bagi orang dengan riwayat diabetes tipe-2. Penelitian dari Universitas Otago Selandia Baru menunjukkan bahwa bagi penderita diabetes tipe-2, berjalan setelah makan lebih baik dalam mengurangi kadar gula darah, terutama setelah makan makanan tinggi karbohidrat.

Tubuh mengubah makanan menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Setelah makan, kadar glukosa darah secara otomatis akan meningkat. Untuk mengatasi lonjakan ini, tubuh mengeluarkan insulin, yang membantu mendorong glukosa ke dalam sel.

Bagi penderita diabetes, aksi insulin ini terganggu sehingga menghambat proses pengelolaan kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan tingginya kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Dengan berjalan setelah makan, glukosa digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi yang membantu menurunkan tingkat glukosa dalam darah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com