Slurpp! Ini 5 Teh Nikmat yang Aman Diminum Penderita Diabetes

Devi Setya - detikFood Minggu, 07 Nov 2021 07:00 WIB
Herbal tea with lemon slice on a white wooden table with chamomile plants and cinnamon. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Teh mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Para penderita diabetes pun bisa mengonsumsi teh nikmat dengan segudang manfaat. Ada teh hijau hingga teh jahe.

Bagi penderita diabetes, ada makanan dan minuman yang harus dihindari. Sebut saja soda, jus dan minuman penambah energi yang mengandung gula tinggi.

Tetapi ada minuman yang boleh dan justru direkomendasikan untuk dikonsumsi yakni teh. Beberapa teh secara alami tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh asalkan dikonsumsi tanpa tambahan gula atau pemanis.

Dilansir dari Every Day Health (6/11) teh bukanlah minuman yang berbahaya bagi penderita diabetes. Ada beberapa jenis teh yang bisa dinikmati para penderita diabetes.

"Teh adalah pilihan tepat bagi penderita diabetes, ini bisa menjadi minuman bebas karbohidrat untuk mengatasi hidrasi dan mengasup antioksidan," kata Lori Zanini, RD, pencipta trik 6 -Week Solution, program makan bagi penderita diabetes.

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan radikal bebas, yaitu bahan kimia yang dapat merusak sel. Menurut Mayo Clinic, ketika terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, akan memicu stres oksidatif yang berkontribusi pada berbagai keluhan kesehatan termasuk diabetes dan penyakit jantung.

"Satu meta-analisis teh dan pengaruhnya terhadap risiko diabetes menyimpulkan bahwa minum tiga cangkir teh atau lebih per hari dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah," kata Julie Stefanski RDN, CDCES, seorang juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Berikut beberapa jenis teh yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Teh hijau

Secangkir teh hijau mengandung 28 miligram kafein dan dapat membantu menangkis diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hijau dan ekstrak teh hijau dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah dan berperan dalam membantu mencegah diabetes tipe 2 dan obesitas.

Orang yang terbiasa minum teh hijau selama lebih dari 10 tahun memiliki lemak tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil daripada mereka yang tidak. Obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu cangkir teh hijau mengandung 0 karbohidrat, 0 gram gula atau lemak, dan hanya 2,4 kalori, menjadikannya pilihan minuman sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com