7 Makanan dengan Kalori Negatif yang Wajib Ada Dalam Diet

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 07 Nov 2021 06:00 WIB
Timun Jadi Rahasia Kecantikan Aisyah, Istri Rasulullah SAW Foto: iStock
Jakarta -

Saat diet, kalori tetap menjadi komponen nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tujuh bahan makanan kalori negatif ini perlu ada dalam menu diet untuk bantu capai berat ideal.

Tren makanan sehat yang semakin meningkat membuat banyak orang lebih memerhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Salah satunya adalah perhatian terhadap asupan kalori makanan dan pemilahan kadar kalori yang lebih sehat.

Belakangan ini hadir makanan kalori negatif yang dianggap lebih sehat. Beberapa makanan dianggap memiliki kalori negatif yang dianggap tidak memberikan tumpukan kalori ke dalam tubuh bahkan mampu membantu untuk mengurangi kalori yang ada di dalam tubuh.

Makanan dengan kalori negatif diungkapkan para ahli sebenarnya merupakan makanan dengan serat dan kandungan air yang tinggi yang memiliki sangat sedikit kalori sehingga tidak menumpuk kalorinya di dalam tubuh. Soumita Biswas selaku Kepala Ahli Gizi, Rumah Sakit Aster RV, menyarankan beberapa makanan berkalori negatif berikut yang harus disertakan dalam diet.

Berikut ini 7 makanan berkalori negatif menurut Times of India (5/11):

Bunch of fresh celery stalk with leaves. Studio PhotoFoto: iStock

1. Seledri

Seledri mampu mengandung 16 kkal pada setiap 100 gram-nya. Hal ini kaya serat, vitamin A, C dan folat. Seledri adalah salah satu makanan negatif yang paling populer karena sebagian besar nilai kalorinya disimpan dalam selulosa.

Tubuh hanya mampu menyerap sangat sedikit kalori dari seledri karena seledri penuh dengan serat yang tidak bisa tercerna. Seledri bisa dikonsumsi dengan cara ditambahkan ke smoothie sayuran dan atau sebagai salad.

2. Tomat

Tomat memiliki 19 kkal pada setiap 100 gram-nya. Terlepas dari kandungan airnya, tomat dianggap sebagai sumber serat, kalium, dan vitamin C. Tomat juga mengandung lycopene dan antioksidan yang dikenal mampu melindungi kulit dari kanker kulit.

Tomat sebagian besar ditambahkan ke setiap kari India lainnya dan dapat dengan mudah dicampurkan ke dalam makanan. Kamu juga bisa saja menambahkan tomat ke mangkuk salad, burger dan sandwich.

Baca juga: Kalau Mau Langsing, Hindari Konsumsi 5 Minuman Tinggi Kalori Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com