10 Makanan 'Nol' Kalori Ini Bisa Jadi Asupan Andalan Pelaku Diet

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 24 Sep 2021 10:00 WIB
Diet Defisit Kalori untuk Kurangi Berat Badan, Ini Aturan dan Menunya Foto: Getty Images/iStockphoto/KarinaUrmantseva
Jakarta -

Menyeimbangkan asupan kalori sangat dibutuhkan saat diet. Sepuluh makanan 'nol' kalori ini cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Makanan memiliki kandungan dan nutrisi tertentu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Tinggi antioksidan, kaya akan vitamin A , hingga zat besi untuk mengatasi anemia bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Termasuk bagi para pelaku diet, pemilihan asupan makanan penting diperhatikan agar diet tidak gagal. Makanan sehat yang tinggi serat menjadi bahan makanan utama yang bisa dikonsumsi secara rutin.

Banyak yang beranggapan bahwa makanan sehat dan rendah kalori cenderung mahal. Ternyata sepuluh jenis makanan ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah atau dikenal dengan 'nol' kalori yang cocok untuk dikonsumsi para pelaku diet.

Berikut ini 10 makanan 'nol' kalori menurut Boldsky (22/6):

Cutting cucumber on a chopping boardFoto: iStock

1. Timun

Timun diketahui hanya memiliki kandungan 16 kalori pada 100 gram timun. Kandungan yang terdapat pada timun cenderung diisi oleh air dan nutrisi penting lainnya dengan kalori yang hanya sangat sedikit.

Konsumsi timun secara rutin juga diketahui dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah dehidrasi, hingga membantu membakar lemak tubuh. Timun bisa dikonsumsi dengan cara ditambahkan sebagai pelengkap makanan maupun camilan sehat yang dapat menekan asupan kalori berlebih.

2. Tomat

Pada tomat sebanyak 128 gram disebut ahli mengandung kalori senilai 22 kalori saja. Makan tomat lebih banyak dikaitkan dengan peningkatan kesehatan kulit hingga membantu untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh.

Kandungan tomat yang padat nutrisi alami dengan kalorinya yang rendah sangat membantu untuk mencegah timbulnya penyakit lain saat melakukan diet. Konsumsi tomat saat diet dikatakan dapat mencegah lonjakan kolesterol maupun tekanan darah tinggi disamping manfaatnya untuk membantu diet.

Baca juga: 7 Buah yang Bagus untuk Diet dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com