5 Manfaat Vitamin C untuk Jaga Imun Tubuh, Bisa Didapat dari Makanan

Devi Setya - detikFood
Jumat, 05 Nov 2021 08:00 WIB
5 Manfaat Vitamin C untuk Jaga Imun Tubuh, Bisa Didapat dari Makanan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Jay_Zynism

4. Buah sumber vitamin C

Pada orang dewasa, jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 75 - 90 mg per hari. Kebutuhan ini bisa dipenuhi lewat asupan buah-buahan tinggi vitamin C.

Beberapa buah yang mengandung vitamin C antara lain jambu biji yang dalam satu butirnya mengandung sekitar 125 miligram vitamin C. Jeruk yang mengandung 70 miligram vitamin C, kemudian ada juga pepaya yang setiap 150 gram pepaya mengandung 70 miligram vitamin C.

Semua jenis buah yang tinggi vitamin C ini bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar. Atau bisa juga dikombinasikan menjadi minuman segar seperti jus atau smoothies.

5. Sayuran sumber vitamin C

Selain buah, banyak juga jenis sayuran yang tinggi vitamin C. Sebut saja diantaranya ada brokoli kembang kol dan bayam. Tiga jenis sayuran ini juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Berbeda dengan buah, kandungan vitamin C dalam sayuran cenderung akan berkurang ketika sudah dimasak. Sebut saja misalnya semangkuk brokoli mengandung sekitar 90 miligram vitamin C namun ketika sudah dimasak maka kandungannya akan berkurang menjadi 50 miligram.

Dengan demikian ada baiknya untuk menyantap sayuran dalam jumlah lebih banyak agar kebutuhan vitamin C harian bisa terpenuhi.



Simak Video "Masak Masak: Tips Simpan Sayuran di Kulkas Agar Tak Layu"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)