7 Buah yang Baik Dikonsumsi Sarapan, Ada Pisang hingga Alpukat

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 02 Nov 2021 06:00 WIB
Avocado on old wooden table in bowl. Halfs of avocados fresh fruits healthy food. Foto: iStock
Jakarta -

Buah bisa menjadi menu sarapan yang sehat karena mengandung nutrisi penting. Ada 7 buah yang baik dikonsumsi saat sarapan, berikut daftarnya!

Sarapan wajib dilakukan setiap hari untuk menambah stamina. Bisa dengan mengonsumsi makanan yang ringan atau mengenyangkan sekalipun seperti nasi.

Namun, kalau hanya ingin mengonsumsi makanan yang ringan, buah bisa menjadi pilihan yang tepat. Buah-buahan juga dikenal sehat karena mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Terlebih buah mengandung serat yang baik dikonsumsi saat pagi hari.

Dilansir dari Byrdie (24/10), berikut 7 buah yang baik dikonsumsi saat sarapan.

1. Beragam jeruk

Ada beragam buah yang masuk ke dalam kelompok buah citrus atau jeruk. Di antaranya adalah jeruk, lemon, hingga grapefruit. Aneka buah jeruk ini dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Selain itu, buah jeruk juga memiliki kandungan serat, potasium, hingga zat anti-inflamasi. Aneka jeruk juga biasa digunakan untuk detoks tubuh.

Jenis jeruk seperti jeruk Mandarin dan grapefruit bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan jus. Sedangkan lemon, kamu bisa meraciknya dengan tambahan air panas dan madu.

2. Apel

Apel, salah satu buah yang mengandung serat tinggi. Tak heran kalau apel biasa dikonsumsi sebagai camilan sehat para pelaku diet. Apel juga baik dikonsumsi saat sarapan.

Selain serat, apel juga mengandung vitamin C dan zat antioksidan. Ada juga flavanoid yang berfungsi sebagai zat antivira dan antibakteri yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Apel bisa kamu konsumsi langsung atau dijadikan salad buah. Seratnya tak hanya membantu melancarkan pencernaan, tapi juga membuat kenyang lebih tahan lama.

3. Delima

Delima Disebut Buah Surga dalam Al-Quran, Berikut Manfaat JusnyaDelima Foto: Getty Images/iStockphoto

Delima banyak tumbuh di Indonesia, biasanya dijadikan campuran rujak. Buah berwarna merah ini juga sangat nikmat dijadikan jus, rasanya agak asam menyegarkan. Bisa juga ditambahkan ke semangkuk yogurt atau oatmeal.

Buah berwarna merah ruby ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Ada juga kandungan vitamin C, K, potasium, serat, dan asam folat.

Baca Juga: Sah! Mendoan Khas Banyumas Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Sirup Buah yang Nyegerin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno
Mulai Bisnis Ala Sandiaga Uno Selengkapnya