5 Manfaat Vitamin C untuk Jaga Imun Tubuh, Bisa Didapat dari Makanan

Devi Setya - detikFood Jumat, 05 Nov 2021 08:00 WIB
5 Manfaat Vitamin C untuk Jaga Imun Tubuh, Bisa Didapat dari Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/Jay_Zynism
Jakarta -

Vitamin C termasuk nutrisi penting dibutuhkan tubuh, salah satunya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga bisa didapat dari makanan.


Manfaat vitamin C yang paling terkenal adalah efek positifnya pada sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari Every Day Health (2/11) sebuah ulasan yang diterbitkan pada November 2017 diungkapkan bahwa vitamin C mampu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C melindungi tubuh terhadap stres oksidatif, membantu membunuh mikroba, dan mengurangi potensi kerusakan sel jaringan dalam tubuh. Kekurangan vitamin C berpotensi meningkatkan berbagai infeksi. Bahkan dengan konsumsi vitamin C sesuai porsi bisa membantu mencegah dan mengobati flu.

5 Manfaat Vitamin C untuk Jaga Imun Tubuh, Bisa Didapat dari Makanan5 Manfaat Vitamin C untuk Jaga Imun Tubuh, Bisa Didapat dari Makanan Foto: Getty Images/iStockphoto/Jay_Zynism

Sebenarnya vitamin C bisa dikonsumsi dengan mudah, banyak sumber makanan yang mengandung vitamin C namun konsumsinya harus tetap diperhatikan. Jika salah konsumsi, vitamin C justru bisa memicu masalah pada kesehatan lambung, khususnya bagi orang yang memiliki kecenderungan gangguan asam lambung.

Ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes., menjelaskan peran vitamin C sebagai zat gizi esensial yang dibutuhkan tubuh setiap hari dan harus didatangkan dari luar. "Selain berperan sebagai antioksidan dan meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium dan zat besi, vitamin C memiliki lima peran spesifik terhadap imunitas," kata Dr. Rita saat dihubungi detikcom (2/11).

Lebih lanjut pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) dan Ketua Indonesia Sport Nutritionists Association (ISNA) ini menjelaskan lima peran vitamin C dalam sistem kekebalan tubuh. Ia juga menjelaskan aturan konsumsi vitamin C serta sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut manfaat konsumsi vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh:

1. Manfaat vitamin C dalam tubuh


Vitamin C secara umum memiliki lima peran dalam kesehatan. Dr. Rita menjabarkan lima peran vitamin C ini.

Pertama, memindahkan neutrofil (sel darah putih yang membantu melawan infeksi) ke jaringan yang terinfeksi sehingga infeksi segera bisa diatasi. Kedua, mempercepat produksi sitokin sebagai bahan pesan utama
untuk tubuh terinfeksi atau tidak.

Ketiga, mengaktivasi kerja sel darah putih dalam memakan bakteri atau antigen lainnya. Keempat dan kelima, mempercepat pertambahan jumlah sel B dan sel T (imunoglobulin) yang bertugas mengingat struktur virus tertentu.

"Jadi intinya, di masa pandemi atau bukan, vitamin C berperan dalam pertahanan tubuh dan kita tidak boleh berada dalam kondisi defisiensi vitamin C," jelas Dr. Rita.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mie Ayam Hijau dari Sari Sayuran, Rasanya Gimana?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com