Rahasia Pola Makan Sehat Orang Korea yang Bikin Awet Muda

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 04 Nov 2021 10:30 WIB
Pola Makan Sehat yang Dijalani Orang Korea
Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Masak Sendiri

Walaupun pilihan makanan yang ditawarkan restoran atau street food sangat enak, sebagian orang Korea lebih memilih memasak sendiri di rumah. Selain harganya lebih murah, makanan yang dimasak sendiri juga lebih sehat.

Orang Korea terbiasa memasak sarapan mereka di rumah. Menu nya juga lengkap, harus ada karbohidrat dari nasi, lauk yang mengandung protein seperti telur atau ikan, dan sayuran berupa kimchi-jjigae atau sayur bening dari tauge.

Walaupun membeli makanan di luar, mereka biasanya menyantap makanan itu dengan banchan (lauk pelengkap) yang dibuat sendiri. Biasanya banchan sudah distok dalam kulkas.

4. Rutin Makan Seafood

Pola Makan Sehat yang Dijalani Orang KoreaPola Makan Sehat yang Dijalani Orang Korea Foto: Getty Images/iStockphoto

Seafood yang segar mudah ditemui di Korea Selatan. Banyak juga hidangan yang terbuat dari seafood, seperti udang, kerang, hingga kepiting. Biasanya dicampurkan dalam hidangan guksu (mie).

Ikan yang digoreng atau dipanggang juga kerap disajikan saat sarapan atau makan malam bersama keluarga. Kebanyakan orang Korea telah paham untuk menambahkan asupan protein dari seafood untuk mereka nikmati. Kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral yang ada dalam seafood bisa membuat kenyang lebih lama.

Baca Juga: Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena Sakit



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)