Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena Sakit

Wisma Putra - detikFood Rabu, 03 Nov 2021 11:04 WIB
Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena Sakit Foto: Instagram @kedainyonyarumah
Bandung -

Pencinta kuliner nusantara berduka, penulis buku resep masakan tertua di Indonesia Julie Sutardjana tutup usia di umur 99 tahun. Yulie meninggal dunia karena sakit.

Kabar duka datang dari dunia kuliner Indonesia. Ibu Julie Sutardjana, penulis buku resep tertua di Indonesia meninggal dunia Selasa (2/11). Menantu ketiga Yulie, Lina Halim (55) mengatakan, beliau meninggal karena sakit di Rumah Sakit Halmahera.

"Kemarin malam, Pukul 20.00 di Rumah Sakit Halmahera," kata Lina kepada detikcom di Rumah Duka RS Borromeus Jalan Surya Kencana, Kota Bandung, Rabu (3/11/2021).

Lina menyebut, sebelum meninggal dunia, berujar itu sempat jatuh."Awalnya dua minggu lalu jatuh, kena ke tulang rusuk, ada yang patah, dirawat di rumah sakit," ujarnya.

"Jadi gangguannya lebih ke yang lain, setelah jatuh ada stroke ringan sebelah kiri, kaki dan tangan kirinya tidak bisa gerak, satu minggu," tambahnya.

Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena SakitPenulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena Sakit Foto: detikcom/Wisma Putra

Menurutnya, tiga hari sebelum meninggal dunia kondisi kesehatan mertuanya sempat membaik.

"Tapi tiga hari sebelum meninggal sudah membaik, menunjukan respon yang baik, tulang sudah selesai, sudah baik dan diatasi dokter ahli tulang cuman ada sedikit stroke itu, mungkin secara psikisdrop," ungkapnya.

Selain itu, selama pandemi COVID-19, Yulie lebih memilih menghabiskan waktu di rumah.

"Selama ini, sebelum ibu jatuh beliau di rumah, karena sejak COVID-19 ibu tidak pernah ke restoran, sudah tua juga, betapa beliau itu masih aktif mengecek produk, saya tahu karena kebetulan sehari-hari saya yang di restoran," jelasnya.

Penulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena SakitPenulis Buku Resep Tertua di Indonesia, Julie Sutardjana Meninggal Dunia karena Sakit Foto: Instagram @kedainyonyarumah

Yulie akan dimakamkan di Kota Cimahi, Kamis (3/11/2021) besok didekat makam suaminya.

"Besok di Cipageran, Cimahi, sudah siap. Sebelumnya ayah saya meninggal 13 tahun lalu, Satia Sutarjana. Punya anak empat dan cucu tujuh," pungkasnya.



Simak Video "Cetar! Ibu Kantin ITC Mangga Dua Ini Jualan Pakai Bulu Mata 'Anti Badai'"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com